Lebih mudah Adobe Illustrator atau CorelDraw

Di Indonesia ini, ada dua software desain grafis yang terbilang paling popular alias banyak digunakan yaitu Adobe Illustrator dan CorelDraw. Mayoritas orang pribumi sih lebih banyak menggunakan Coreldraw dibanding AI, tapi pamor Adobe Illustrator akhir-akhir ini juga sedang hits-hitsnya.

Nah bagaimana jika software besutan Adobe ini diversuskan dengan perangkat lunak vector design Coreldraw? Di bawah ini adalah ulasan dua software desain grafis tersebut serta perbandingannya.

Pertama kali saya menggunakan desain grafis untuk mengolah vector adalah menggunakan produk kembangan Adobe ini. Interface yang hampir mirip dengan sepupunya, Adobe Photoshop, memudahkan pengguna yang sebelumnya sudah pernah memakai perangkat lunak manipulasi foto tersebut mengenali worksheet di Adobe Illustrator.  Namun begitu, palet-palet yang ada di AI ini cukup membingungkan bagi user yang baru pertama kali menggunakan produk Adobe.

Bagi pengguna yang baru menggunakan software desain vector Coreldraw cukup dimudahkan dengan tampilan kerja yang user friendly. Inilah yang selalu dilirik oleh user di Negara kita. Tampilan toolbar yang ada di sebelah kiri serta toogle warna di sebelah kanannya, serta menu HINTS berisi tutorial singkat yang muncul saat kita memilih tools sangat membantu pengguna yang baru mempelajari desain grafis.

Kelebihan & Kekurangan Adobe Illustrator dan Corel Draw

Tak ada gading yang tak retak. Setiap hal pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Begitu pula dengan AI dan Coreldraw. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dua pesohor software desain vector di tanah air:

Kelebihan  Adobe Illustrator

  1. Mudah diintegrasikan dengan software Adobe yang lain.
  2. Untuk pengerjaan ilustrasi sangat powerful dan ringan.
  3. Fitur lengkap, seperti palet layar di Adobe Photoshop yang sering digunakan desainer grafis untuk mengkoordinasi layar.
  4. Memiliki beberapa efek yang ada di photoshop.
  5. Dapat membuka file-file besar, tanpa ada gejala lag.
  6. Kualitas warnanya sangat baik, warna output di monitor dengan print outnya hampir mendekati sama.
  7. Warna tampilan interface yang menarik, apalagi Adobe Illustrator CS 6 keluar dengan tampilan baru warna hitam yang menambah kesan sangar pada produk Adobe tersebut.

Kelebihan Coreldraw

  1. Pengaturan layout yang mumpuni dan cepat dalam pengerjaannya.
  2. Shortcut yang mudah dihafal dan diaplikasikan
  3. User friendly
  4. Snap to object nya sangat bermanfaat
  5. Banyak percetakan di Indonesia yang menggunakan perangkat lunak ini.

Kekurangan Adobe Illustrator

  1. Pengerjaan Layoutnya lebih ribet dan sedikit memakan waktu
  2. Fitur power clip-nya tidak user friendly
  3. Di Indonesia masih banyak tempat produksi alias percetakan yang belum support dengan software ini
  4. Masih sedikit tutorial nya di internet

Kekurangan Coreldraw

  1. Fitur minim
  2. Untuk loading file besar kurang bisa di handle jadi bisa membuat software lambat
  3. Warna di monitor dengan hasil cetakan printer kadang tidak sesuai.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan dari masing-masing software desain grafis tersebut, tergantung orang yang menggunakan dua software tersebut lebih suka yang mana untuk kebutuhan mereka. Pengerjaan akan lebih cepat dan hasil memuaskan berdasar pada software mana yang anda sukai dan merasa sreg di hati.

Sumber: Internet