Layout

Layout adalah tata letak dari suatu elemen desain yang di tempatkan dalam sebuah bidang menggunakan sebuah media yang sebelumnya sudah di konsep terlebih dahulu. Simplenya layout itu mengatur desain supaya menjadi indah dan enak dilihat serta memanjakan mata.Layout biasanya digunakan pada poster,majalah,brosur,dll.Ada beberapa jenis layout yang menjadi panduan atau kiblat bagui sebagian desainer grafis,diantaranya:

 

  1. Mondrian Layout

Jenis design yang mengacu kepada karya Piet Modrian seorang pelukis asal Belanda, memiliki design yang Asimetris, menggunakan warna dasar merah ,kuning ,biru serta garis hitam sebagai pemisah antar ruangan,unsur gambar di tempatkan dalam bidang segi empat.

 

2.Axial Layout:

Tata letak yang memiliki tampilan visual yang kuat di tengah halaman dengan tampilan element pendukung di sekeliling gambar utama biasanya berupa gambar atau tulisan yang berhubungan dengan tampilan di tengah halaman sebagai titik pusatnya.

 

3.Picture Window Layout:

Tampilan gambar yang besar menjadi ciri utama tata letak ini, dan di ikuti dengan headline ,keterangan gambar hanya memiliki porsi yang kecil.

 

4.Silhouette Layout :

Tata letak tulisan yang mengikuti alur bentuk gambar yang di gunakan menjadi ciri design jenis ini. dan kadang di gunakan juga tampilan negatife gambar (silhouette) untuk menguatkan pesan yang disampaikan.

 

5.Frame Layout :

Menggunakan bingkai sebagai unsur utama design ini, dimana pesan atau gambar utama diletakan di dalam bingkai, atau bingkai tersebut menjadi tema dalam design yang digunakan. dimana border/bingkai/frame nya membentuk suatu naratif (mempunyai cerita)

 

6.Circus Layout :

Penyajian iklan yang tata letaknya tidak mengacu pada ketentuan baku. Komposisi gambar visualnya, bahkan kadang-kadang teks dan susunannya tidak beraturan. Susunan yang “tidak beraturan” dalam penempatan gambar/tulisan tapi tertata dengan baik, tampilan biasanya berupa banyak gambar produk dalam satu halaman.

 

7.Rebus Layout :

Gambar dan tulisan saling menjalin di dalam design, menggunakan gambar sebagai penggati tulisan.misanyal: tulisan smile diganti dengan gambar.Susunan layout iklan ini menampilkan perpaduan gambar dan teks sehingga membentuk suatu cerita

 

8.Type Speciment  Layout :

Menggunakan Satu macan jenis huruf tertentu [Font].Tulisan diatur sedemikian rupa untuk menampilkan pesan secara visual dan literal (mendasar, contoh mesjid = tempat ibadah agama Islam). Dan biasanya design jenis ini di dominasi oleh tulisan besar dan umumnya berupa headline.

 

  1. Covy Heavy Layout :

Tata letaknya mengutamakan pada bentuk copy writing (naskah iklan) atau dengan kata lain komposisi layout-nya didominasi oleh penyajian teks (copy).

 

Sebuah layout terkadang menentukan tampilan sebuah desain.Nah,sobat sekalian ini hanyalah sedikit dari sekian banyak kiblat para layouter.Terus berlatih dan mecoba ya..Sekian,semoga artikel ini bermanfaat…