Layer Dan Fungsinya

EFQ

 

Bagi sebagian dari kita pasti sudah kenal doong dengan yang namanya Layer …

Yaa layer adalah lapisan-lapisan yang berfungsi sebagai  wadah atau tempat objek, yang pada layar kerja/kanvas layer-layer itu akan membentuk suatu objel/gambar …

Layer sangat penting banget lho dalam pembuatan sebuah karya desain, kita bisa mengatur komposisi dengan cara menambahkan atribut dan urutan layer, dengan adanya layer, kita bisa mengedit satu objek tanpa khawatir akan merubah atau merusak objek yang lainnya.

contohnya kayak gini niih, kita sedang mengedit objek yang ada di layer A, maka objek yang lain yang ada di layer B, C dan D tidak akan terpengaruh dengan apa yang akan kita edit di layer A.

Naaahhh ini dia gambar layer dan bagian-bagiannya yang akan kita pelajari:

htfr

 

1.Link
Digunakan untuk mengelompokkan banyak layer sekaligus. Cara memakainya dengan memilih nama-nama layer yang diinginkan (dengan Shift + Klik), kemudian klik icon ini.

2.Layer Style
Shortcut atau cara pintas ke menu Layer style.

3. Add Layer Mask
Digunakan untuk menutup/melindungi sebagian/seluruh lapisan gambar dari proses pengeditan.

4. New Adjustment Layer
Digunakan untuk membuat layer yang berfungsi sebagai pengaturan warna pada layer

5. Layer Group
Digunakan untuk mengelompokkan beberapa layer menjadi suatu kumpulan layer, agar mempermudah proses pekerjaan yang menggunakan banyak sekali layer.

6. New Layer
Digunakan untuk membuat layer baru, bisa juga digunakan untuk membuat duplikat layer.

caranya: Drag layer yang akan kita duplikat ke icon ini … 🙂

7. Delete Layer
Digunakan untuk menghapus layer. Aktifkan layer yang ingin dihapus, kemudian klik icon ini.

atau bisa juga dengan cara men-drag layer dan arahkan ke icon ini.

8. Layer Blending Option
Digunakan untuk mengatur proses yang terjadi pada pixel-pixel layer terhadap layer yang ada posisinya berada dibawahnya. Fungsi ini juga bisa digunakan untuk memberi efek-efek tertentu pada layer.

9. Layer Thumbnail

Nahh kalo ini tampilan kecil dari gambar yang sedang kita edit. Jika layer adalah sebuah tulisan, maka gambar tampilannya adalah sebuah huruf “T”

Fungsi ini juga menunjukkan bahwa layer ini adalah layer yang dalam kondisi aktif atau terpilih. Layer yang sedang aktif akan mempunyai warna yang berbeda dengan layer yang tidak aktif.

10. Eye Ball / Visibility
Digunakan untuk mengatur tentang tampil atau tidaknya sebuah layer yang sedang kita kerjakan.

11. Palette Menu
Icon ini digunakan untuk menampilkan pilihan menu palet. Menu palet ini berhubungan dengan fungsi palet yang sedang kita tampilkan.

12. Opacity
Digunakan untuk mengatur tingkat transparansi layer. Semakin kecil nilai prosentasenya, maka layer/gambar kita akan semakin transparan.

13. Fill Opacity
Digunakan untuk mengatur tingkat transparansi layer. Namun tidak sama dengan Opacity, karena Fill ini tidak mengatur bagian yang merupakan Layer Style.

14. Locked layer
Ikon gembok ini menunjukkan bahwa layer dalam kondisi terkunci. Biasanya gambar dengan ekstension .jpg akan mempunyai layer background yang selalu terkunci. Cara untuk membuka kunci pada layer ini, lakukan dengan klik 2 kali pada layer tersebut, kemudian klik OK pada kotak dialog yang muncul.

sgf

Baiklahh cukup sekian pemaparan tentang fungsi dan bagian-bagian pada layer … jangan lupa sering-sering latihaan yaa ..

semoga bermanfaat .. 🙂