Langkah Tepat memulai Desain Grafis Untuk UKM Maupun OlShop

Baiklah sekilas saja introductionnya. Kita akan masuk ke dalam inti pembahasannya.

Dalam desain grafis ada beberapa teori yang perlu Anda ketahui untuk melancarkan proses men-desain tentunya. Dan teori-teori ini juga sangat diperlukan agar menjadikan desain Anda lebih hidup, dan membuat mata yang melihatnya menjadi terpukau.
Apa saja yang termasuk ke dalam bagian terpenting dari desain grafis dan Anda perlu menguasainya, sebelum mulai mendalami toolsnya?

Berikut adalah daftar yang perlu dikuasai :
1. Nirmana

Pengetahuan akan Nirmana secara praktis sangat dibutuhkan dalam membuat hasil karya desain grafis yang menarik, seperti elemen yang dibutuhkan dalam desain grafis, dan prinsip-prinsip desain grafis. Nirmana sebetulnya merupakan pengetahuan umum yang bisa kita pelajari sambil mendalami desain grafis itu sendiri. Kurang lebih seorang desainer perlu mempelajari secara learning by doing mengenai bagaimana membuat garis yang pas dan sesuai, gambar bentuk yang tepat, pemanfaatan ruang secara efisien dan tepat, tekstur pewarnaan yang sesuai. Sehingga nantinya bisa menghasilkan keseimbangan, dinamisasi, dan keteraturan dari hasil desainnya. Sebagai contohnya ada dibawah ini, salah satu hasil desain yang staff ilmuwebsite hasilkan. Desain kemasan untuk abon sapi.

warfooddesain2

Meskipun masih kasih kasar, tapi paling tidak sudah ada keseimbangan warna, dan hasilnya lebih dinamis, dan memiliki keteraturan. Untuk lebih mengerti mengenai hal ini, kita akan terus pelajari dari berbagai tutorial yang akan disajikan dipertemuan selanjutnya.
2. TypoGraphy

Sama seperti nirmana, pengetahuan akan typography pun dibutuhkan bagi seorang yang akan melakukan desain grafis. Namun dalam typography, pengetahuannya itu seputar memilih dan menata huruf, dan mengatur penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia sehingga menciptakan kesan tertentu, keseimbangan, dan pastinya akan menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan dalam membaca dan menikmati desainnya secara maksimal. Contoh desain typography adalah sebagai berikut.

naonwae

3. Pewarnaan

Pewarnaan sangat penting sekali untuk menghasilkan karya desin grafis yang baik dan memikat, karena dengan warna seseorang akan melihat estetika dari gambar yang telah kita buat. Warna termasuk ke dalam ilmu nirmana tapi karena begitu pentingnya sehingga pewarnaan menjadi point tersendiri yang harus di kuasai. Ketika sudah mengetahui bagaimana pewarnaan yang baik maka pencampuran warna apapun tidak akan menghasilkan desain yang jomplang. Berikut adalah salah satu pencampuran warna orange hitam dan putih.
banner

  1. Software

Yang terakhir ini menurut hemat saya tidak perlu dijabarkan lebih jelas, karena ini akan kita pelajari di tutorial-tutorial berikutnya di ilmuwebsite.com. Paling tidak perlu diketahui jika Software menurut kategori medianya terbagi menjadi tiga, yaitu media cetak, digital dan multimedia. Anda tahu lah itu.

 

sumber dari : http://www.ilmuwebsite.com