Langkah-Langkah Membuat Brosur di Microsoft Publisher

0
1766

assalamualaikum WrWb

Kali ini saya akan sedikit berbagi mengenai langkah-langkah pembuatan brosur di Microsoft Publisher 2010. Sebenarnya bukan hanya brosur saja, melainkan banyak pilihan seperti flyer, sertifikat, banner dan lain-lain yang bisa kita buat di Microsoft Publisher.

  1. Langkah Pertama

Untuk memulai pembuatan Brosur, langkah pertama buka Microsoft Publisher dengan cara klik Start – All Program – Microsoft Office – Microsoft Publisher – Enter.

Nanti akan keluar tampilan seperti ini :

Kemudian Klik Brochures – Enter

 

  1. Langkah Kedua

Selanjutnya pilih kategori brosur sesuai keinginan dan keperluan yang diinginkan. Pilih design yang menarik agar banyak peminat. Misalnya seperti contoh Tilt – Create.

 

Tampilan pada lembar kerja Microsoft Publisher :

Disini ada dua halaman, halaman pertama untuk brosur bagian luar dan halaman kedua untuk brosur halaman dalam. Brosur ini adalah halaman lipat 3, seperti brosur pada umumnya.

  1. Langkah Ketiga

Kosongkan kolom-kolom yang ada di slide brosur tersebut untuk mempermudah proses pengisian brosur.

Untuk slide pertama, seperti tampilan di bawah ini :

Untuk yang slide kedua kosongkan kolom-kolomnya, akan tetapi format desainnya biarkan seperti semula. Seperti contoh :

 

Agar kelihatan menarik, edit dan ubahlah tampilan dari pola yang telah ada. Untuk format desain pada slide kedua copy di slide pertama dan sesuaikan dengan besar brosur yang akan dibuat.

  1. Langkah Keempat

Buat semenarik mungkin dengan menambahkan tulisan, gambar, maupun tema-tema yang ada pada template brosur yang dipilih. Design yang menarik agar mengangkat minat pembaca.
Untuk memasukkan teks ke dalam slide brosur, caranya dengan Klik Draw Text Box – Enter.

Buatlah kotak sesuai dengan kebutuhan.

Sedangkan untuk memasukkan gambar, caranya pun cukup mudah. Dengan cara Klik Insert – Picture – Pilih gambar yang akan dipakai – Lalu Tekan Insert.

 

Kemudian atur format gambar sesuai dengan keinginan, dengan cara Klik Gambar – Nanti akan keluar Picture Tool – dan pilih format gambar yang diingankan.

  1. Langkah Kelima

Slide Pertama

Untuk slide pertama, masukkan butiran seperti sejarah instansi, tujuan instansi, struktur organisasi maupun nama-nama instansi beserta logo dari instansi yang akan dibuat tersebut. Atau bisa juga bisa diisi sesuai dengan kebutuhan brosur yang akan dibuat.

Contoh :

 

Setelah semua sudah terisi lengkap sesuai dengan kebutuhan, langkah selanjutnya yakni atur format design dengan cara Klik Page Desain –Schemes – Pilih tema yang diinginkan.

Kemudian atur warna background semenarik mungkin, dengan cara Klik Page Desain – Background – Pilih sesuai keinginan masing-masing.

Contoh untuk tampilan pada slide pertama :

 

  • Slide Kedua

Langkah-langkahnya pun hampir sama dengan slide yang pertama hanya saja pada slide kedua ini tidak perlu mengubah tema lagi, karena tema yang dipilih di slide awal akan mengubah juga di slide kedua.

Untuk slide kedua ini, bisa diisi beberapa butiran seperti foto kegiatan instansi, fasilitas-fasilitas yang ada di instansi, serta visi dan misi yang ada di instansi tersebut. Atau bisa juga dikreasikan sesuai dengan kebutuhan brosur.

Seperti contoh :

 

Untuk mendesign lembar kerja brosur, caranya pun sama dengan slide pertama, dengan cara Klik Page Desain – Schemes – dan pilih sesuai selera masing-masing.

Atur background semenarik mungkin untuk mendukung tampilan brosur yang akan dipromosikan dengan cara Klik Page Desain – Background – Dan pilih sesuai selera.

cukup sekian yang dapat saya sampaikan kurang dna lebih nya mohon dimaafkan ,tetap semangay

Wassalamualaikum WrWb

sumber :http://diyahrodiah.blogspot.co.id/2015/03/langkah-langkah-membuat-brosur-di.html

 

 

Leave a Reply