Konsep Desain Poster Film

0
1378

fs

 

Konsep-konsep Poster Film

Setiap film yang telah diproduksi pasti akan mempunyai media iklan atau promosi berupa Poster Film dan Trailer filmnya berupa video pendek yang menggambarkan keseluruhan film dengan tujuan agar menorik penonton penonton agar menonton/membeli CD  film tersebut.

Sama halnya dengan Trailer film, Poster adalah media iklan dan promosi berupa gambar utama yang ditempelkan di dinding, tembok, atau tempat-tempat umum yang strategis untuk keperluan iklan dan publikasi dengan tujuan agar menarik banyak orang supaya menonton film tersebut.

Poster film harus didesain semenarik dan sedramatis mungkin, serta mampu menyampaikan pesan-pesan yang terdapat dari keseluruhan filmnya. Ukuran poster biasanya sekitar 50 x 60 cm. Oleh karena ukurannya yang terbatas, maka tema dalam poster tidak terlalu banyak, minimal dalam satu poster hanya boleh terdapat satu tema.

Poster-poster film yang ada sekarang ini sudah memasuki zamannya simple concept desain, tidak banyak huruf tapi pesan yang terkandung dalam gambar tersampaikan dengan sempurna.

Berikut adalah beberapa konsep-konsep desain poster film yang ada sekarang ini:

 

alon

A Loner Viewed From Behind

Adalah konsep poster film dengan menggambarkan satu tokoh utama dengan pose action. Gambar diambil dari bagian belakang pemeran utama.

Contoh dari konsep film ini misalnya pada film G.I.JOE, Blade, Voltiges dll.

bh

Big Heads over Tiny People on a Beach

Konsep ini biasanya berlatar pantai, lautan, langit atau juga padang pasir yang datar. Unsur yang terdapat pada poster adalah kepala, wajah atau muka pemeran film yang di zoom ukurannya menjadi lebih besar seperti raksasa, atau juga sebagai refleksi bayangan yang di letakkan lebih besar, biasanya akan ada tokoh lain yang digambarkan sebagai objek kecil yang berada dibawahnya

btb

Back To Back, Viewed From the Side

Konsep ini sebenarnya mengutamakan konsep fotografi dimana dua pemeran film atau lebih saling membelakangi, kemudian gambar diambil dari bagian samping.

eye

Big Eye

Konsep ini sering dipakai pada poster-poster bertemakan horor, action dan drama action.

Mata besar sebagai objek utama dalam poter ini, kemudian dimanipulasi sebagaimana tema yang diusung sebuah film, Contoh Film terkenal dengan menggunakan poster tema ini adalah Avatar, Hipnoz, dan Bionic Women

bed

 In Bed

Seperti namanya, konsep ini diambil dari pemeran yang sedang berada diatas ranjang. Konsep ini biasanya digunakan pada film-filem yang bernuansa romantiss, inhome dan keluarga.

Contoh film yang menggunakan konsep ini adalah Mariage, Maybe Baby dan A Single Man.

bl

Blue

Poster dengan konsep ini mengutamakan konssep warna biru pada keseluruhan gammbar

Contoh poster film: Bonobos, Home dan Oceans

 

act

Black & White Action Movie Posters

Naah ini adalah konsep yang banyak digunakan pada film-film drama action dan perang.

Warna yang dominan dalm konsep ini adalah warna gelap khususnya warna hitam.

Contoh poster film yang menggunakan konsep ini adalah: The Expendables, Tokyo Drift dan Transporter 3

 

run

Running In the Street, At a Tilt And Tinted Blue

Pemeran utama digambarkan sedang berlari dalam konsep ini, dipadukan dengan efek warna biru yang membuat poster lebih dramatis dan memberikan kesan nyata.

Contoh poster film dengan konsep ini: Hard Rain dan Awake.

 

wt obj

Building a Face Out of Other Objects

Konsep ini menggunakan kumpulan beberapa objek yang membentuk objek baru berupa wajah. Film dengan konsep ini adalah: Stallone dan Lord of God

 

lady

Lady In Red

Film yang bertemakan romantis, drama romantis, percintaan, wanita, biasanya menggunakan konsep ini. Seorang wanita yang berbusana merah adalaah objekk utama dalam poster ini

Contoh poster film: She Walks, Coffy.

 

f

Big Block Font Right Over the Face

Poster film yang menggunakan konsep ini biasanya mengutamakan font, judul film ataupun quotes didepan objek. Contoh film dengan konsep ini adalah: Un-believeable dan Thor.

 

ref

Reflection In Sunglasses

Konsep ini mengambil foto objek atau pemeran dengan memakai kacamata, dengan tujuan agar kacamata tersebut merefleksikan suatu gambar yang akan dijadikan objek utama pada poster.

Contoh film dengan konsep postter ini adalah: Day Watch, dan Bound.

 

movie-poster-cliches-14

Public Bench

Konsep ini menggunakan latar tempat terbuka, taman, halaman yang disana terdapat bangku..

Bangku ini biasanya sangat berhubungan dengan pemeran film, ketika diduduki atau beerdiri dari bangku tersebut.

Contoh film dengan konsep ini adalah: Savages dan sub marino.

Gimana menurut kamu desain posternya … ??

Keren-keren kaaaan , semoga menjadi inspirasi dan rujukan ketika kamu membuat poster desain, terutama desain posster film. ^^

Leave a Reply