Jenis Kertas Untuk Mencetak Brosur

Kertas Percetakan

       Jenis Kertas Untuk Mencetak Brosur

Kertas apa saja sih yang bisa digunakan untuk mencetak brosur? Untuk mencetak brosur biasanya ada beberapa jenis kertas yang umum digunakan untuk mencetak brosur full color, dengan proses offset separasi. Berikut ini beberapa jenis kertas, ukuran lebar panjang serta gramatur atau berat kertas, yang biasa dipakai untuk mencetak brosur.

1. Kertas HVS

Contoh kertas HVS (Google Search Image)

selain berwarna putih, jenis kertas ini juga ada yang berwarna warni dengan berat berpariasi ada yang 58 gr (60 gr), 70 gr, 80 gr, dan 100 gr. kalau untuk harga, cetak brosur dengan hvs pastilah lebih murah dari pada art paper. Namun, kalau untuk hasil, dan kualitas, bagus art paper.

2. Art/matt paper

Contoh kertas artpaper (Google Search Image)

Jenis kertas ini berbeda dengan HVS. Jenis ini memiliki permukaan kertas licin pada kedua sisinya dan berwarna putih bersih. Sampul dan dalaman majalah full color, kalender dan poster biasanya banyak menggunakan jenis kertas ini. Kertas ini tidak tahan air, dan kalau terkena air akan lengket (nempel satu sama lainnya). Jenis kertas ini memiliki berat berpariasi mulai dari 100gr, 120gr, 150gr. Jenis inilah yang banyak dipakai untuk media brosur brosur. Selain ukuran berat tersebut, ada juga Art paper (atau art karton yang memiliki berat 190gr, 210gr,  230gr, 260gr, 310gr, dan 360gr. Ukuran kertas berat 190-360 grm ini banyak digunakan untuk paper bag, atau kemasan/duss.

Nah, jika kalian ingin mencetak brosur, lebih indah bila menggunakan kertas artpaper, Karena permukaannya yang licin, membuat brosur lebih bagus dilihat. semoga bermanfaat….