Jenis-Jenis Kertas Untuk Mencetak Stiker

hello guys, aku bakalin ngasi tau kertas apa saja yang biasa digunakan untuk mencetak stiker….

  1. Stiker Vinyl

Stiker vinyl ini adalah stiker yang kualitasnya baik, selain tahan air, juga tahan cuaca. tapi tetap ada kekurangannya, karena stiker vinyl ini hanya bisa di cetak dengan menggunakan laser, buka tinta yang biasa digunakan.

2. Stiker Bontaks

stiker ini memiliki tekstur yang seperti kertas biasa, tapi memiliki daya rekat yang kuat. karena memiliki daya rekat yang kuat, kertas ini biasa digunakan untuk kemasan dan produk. dan biasanya agar terlihat lebih bagus, harus di laminating.

3. Stiker Crome

stiker ini memiliki lapisan yang menkilap-kilap, stiker ini tidak bisa di print seperti biasa, namun kertas ini biasanya digunakan untuk stiker pada speda motor. Agar apabila terkena goresan, tidak langsung mengenai body sepeda motor/tidak lecet.

4. Stiker HVS

Stiker ini biasanya digunakan untuk stiker souvenir karena memiliki daya rekat yang rendah. Dan jenis kertas stiker ini pun banyak di jual di toko-toko, dan bisa di print dengan menggunakan printer biasa.

4. Stiker Chromo

 Stiker Cromo merupakan sebuah Stiker (dari bahan kertas licin) yang memang bagus untuk dicetak separasi, juga memiliki daya lengket yang bagus biasa digunakan pada label botol, promosi, atau bisa juga stiker Pilkada. Namun untuk stiker jenis ini jika terkena hujan akan cepat luntur. Untuk  jenis kertas stiker ini cocok digunakan untuk promosi, tempelan di produk, stiker snack, dan lainnya.

5. Cutting Sticker

Cutting Stiker mempunyai banyak kelebihan yang dimilikinya. Jika kita bandingkan dengan sticker yang lain misalnya sticker digital printing, cutting sticker ini memiliki kelebihan bisa terlihat dari kekuatannya yang lebih tahan lama dan untuk masalah warnanya juga tidak pudar tidur seperti cetakan sticker yang lainnya. Karena dari bahan dasarnya sendiri seperti Oracal itu memiliki ketahanan untuk outdoor atau diluar ruangan bisa sampai 5 tahun, tidak seperti sticker yang lainnya sudah terlihat pudar setalah 1 tahun.

Itulah tadi jenis-jenis bahan untuk mencetak stiker. Kesimpulannya adalah kertas yang paling baik untuk di bikin stiker adalah Cutting Stiker. karena daya tahannya yang lam. semoga bermanfaat dan terimakasih….