Jenis-jenis Desain Grafis

Assalamualaikum. Kali ini saya akan membahas tentang jenis jenis Desain Grafis. Seperti yang kita desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk didalamnya tipografi, Ilustrasi, fotografi, pengolah gambar, dan tata letak.

Dalam desain grafis, Ada beberapa jenis Kemampuan orang untuk membuat Desain tersebut. Tapi tidak sedikit juga yang dapat mencakup semuanya. Berikut sebagian jenis desainer grafis :

1. Drafter
Desainer khusus untuk membuat arsitektur dan rancangan bangun yang simetris dan digunakan untuk keperluan pembuatan sesuatu yang memerlukan ketelitian tinggi. Drafter ini membutuhkan orang orang yang ahli dalam bidang Autocard, Archicard, 3D revit architectur. Sangan dibutuhkan didunia arsitektur.

2.Editor
Desainer khusus untuk membuat cover, sampul, banner, dsb. dan membuat karya desain grafis seperti : brosur, kartu nama, logo, pin, poster, dsb. yang memerlukan pandangan dan software yang harus dikuasai yaitu : CorelDraw, Photoshop, freehand, Ilustrator, sangat dibutuhkan didunia periklanan dan publikasi.

3. Layouter
Desainer khusus untuk membuat tataan layout sebuah majalah ataupun koran dan harus memiliki feel untuk tata letak agar terlihat enak. Sedangkan aplikasi yang harus dikuasai Oleh layouter yaitu Adobe Page Maker, MS.publisher, Adobe InDesign, sangat dibutuhkan dipercetakan dan diindistri Koran/buku/majalah

4. Art Director
Desainer khusus untuk membuat karya seni dari komputer yang digunakan untuk visual effect ataupun hanya dibuat hiasan saja. Membutuhkan kreativiras yang sangat tinggi untuk membuat karya yang sangat bagus. sedangkan software yang harus dikuasai oleh Art Director adalah : CorelDraw, Photoshop, photo paint, Art creator. sangat dibutuhkan dalam dunia perfilman dan foto editing efek.

5.Animator.
Desainer khusus bekerja dalam bidang motion graphic, iklan atau film fantasi. Jaris memiliki daua tahan tinggi, pengetahuan yang cukup tinggi, pengalaman, dan harus menguasai software Macromedia Flash, Adobe Flash, After Effect, 3d maya, gif animator, dan corel rave. sangat dibutuhkan didunia perfilman dan pertelevisian.

6. Video Editor
Desainer khusus untuk mengedit video ataupun film dan juga merangkup sebagai Video shooter, harus memiliki imajinasi tinggi dan harus menguasai Adobe After effects, 3d maya, adobe premier, ulead video studio, sony vegas, pinneacle. sangat dibutuhkan didunia perfilman dan Industri musik

pengertian-desain-grafis

Nah mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan
Terimakasih
Wasalamialaikum Wr.WB

sumber : internet