Menjadi seorang professional dalam bidangnya adalah keinginan setiap orang, tapi langkah menuju seorang yang profesional adalah hal yang bisa dibilang sulit, waktu, tenaga, dan uang harus dikorbankan untuk mendapatkannya.

Sama seperti desainer grafis, bukan hal yang mudah menjadi seorang desainer grafis, tapi ada beberapa tips untuk bisa menjadi desainer grafis yang handal dalam waktu singkat. Yuk langsung baca.

Sering Baca Tutorial

Di zaman internet yang serba instan ini, bukan hal yang sulit mencari  tutorial yang bisa membimbing kita untuk bisa menjadi desainer grafis yang baik, mulai dari yang berbayar maupun yang gratis.

Apapun yang kita ingin lakukan, mungkin hampir semuanya sudah ada di internet, dengan sedikit usaha dan membaca dengan baik, ditambah praktek, bukan hal yang sulit mempelajari desain grafis.

Belum lagi, dengan adanya tutorial, kita sudah memangkas proses “trial & error” yang memakan sangat banyak waktu.

Kata “baca” tutorial pun tak mengacu pada tulisan saja, bisa saja itu berupa video dan melihat langsung bagaimana caranya.

Pokoknya jangan jadikan alasan, Tutorial sudah bertebaran di mana – mana. Yuk langsung mulai.

Contoh tutorial :

Envato tuts
designtuts.net
website ini

ATM (Amati, Tiru, Modifikasi)

Ini adalah cara mudah untuk “mengetahui”, selain kita bisa melihat bagaimana hasil karya profesional, dan kita bisa membuat hal yang sama, maka kualitas kita sudah mencapai “profesional”.

Bukan hanya itu, kita juga bisa mengamati bagaimana para profesional membuat bentuk, memainkan warna, dan membuat karya yang luar biasa, setelah itu, kita bisa menirunya.

Jika kita bingung menirunya seperti apa, kita bisa mencari ilmunya dengan membaca tutorial bagaimana membuatnya.

Nah usai ditiru, kita bisa membuat karya yang mirip-tapi bukan menjiplak, untuk membuat karya orisinil kita sendiri.

Jadi profesional kan?

Manfaatkan Presets, Action, dan Template

Mungkin kita belum sampai pada aksi – aksi rumit yang biasanya dilakukan para profesional, kita cukup mempelajari  dasarnya dan jika kita memang ingin mendedikasikan waktu dan tenaga lebih lama lagi, kita bisa menjadi “real professional” walaupun membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit.

Nah beruntunglah, karena banyak para desainer grafis pro yang membagikan presets, action, dan template mereka untuk bisa dipakai oleh pemula yang belum punya keinginan untuk mendedikasikan waktu dan tenaganya untuk menjadi full desainer grafis.

Nah kita bisa memanfaatkan hal tersebut dengan baik, kita pun bisa mencarinya di internet, BANYAK!

Nah sudah mencoba mencari belum?

 

Percaya Diri

Banyak orang yang punya kualitas desain yang baik, tapi belum berani menunjukkan ke khalayak umum tentang kualitas dirinya.

Padahal, jika ingin menjadi profesional, kita harus memberanikan diri dan percaya bahwa kita mampu, bukan hanya terus terusan berlatih, berlatih memang bagus, tapi jika tidak diiringi dengan pembuktian kualitas, sampai kapanpun kita tidak akan menjadi seorang profesional.

Pendidikan memang bagus, tapi tanpa pengalaman, tidak berarti apapun.

Jadikan kritik menjadi alat pembangun paling efektif, dan menjadi desainer grafis yang lebih handal lagi.

Membangun karir desainer pun bisa dimulai dari freelance, gak selalu harus di perusahaan besar. Seperti pekerja lepas percetakan, freelance di website, dan lain –  lain.

Sudah berani kah mulai?

 

Mungkin itu sedikit tips bagaimana menjadi desainer pro dalam waktu singkat, tapi yang terpenting adalah terus belajar karena tidak ada tren yang bisa ditebak dan tidak ada hal yang pasti, terus belajar karena tantangan besar terus menghadang di depan.

Terus semangat!