History of Lorem Ipsum

0
111

berikut ini kita membahas tentang sejarah lorem ipsum, Lorem Ipsum lahir pertama kali saat seorang tukang cetak (tidak dikenal) mengambil sebuah kumpulan teks, yang kemudian mengacaknya menjadi sebuah buku contoh huruf.

Lorem Ipsum sendiri sebenarnya berasal dari bagian 1.10.32 dan 1.10.33 dari naskah“de Finibus Bonorum et Malorum” (Sisi Ekstrim dari Kebaikan dan Kejahatan) sebuah karya sastra latin klasik yang ditulis oleh Cicero. Fakta ini ditemukan oleh seorang Profesor Bahasa Latin dari Hampden-Sidney College di Virginia, Richard McClintock.

Alasan Lorem Ipsum digunakan sebagai teks standar dalam sebuah karya desain dikarenakan huruf-huruf yang ada pada teks Lorem Ipsum memiliki penyebaran huruf yang normal dan merata. Sehingga dapat diibaratkan sebagai sebuah naskah berbahasa inggris yang dapat dibaca dan merupakan Naskah Lorem Ipsum standar yang telah digunakan sejak tahun 1500an sebagai standar contoh teks yang sering digunakan dalam

sebuah industri percetakan dan penataan huruf (Typesetting).

Penerapannya dalam sebuah Desain

Salah satu contoh penerapan penggunaan naskah Lorem Ipsum dalam sebuah desain adalah pada layout sebuah desain web. Dimana agar nantinya seorang klien tidak terpengaruh dengan isi tulisan dari sebuah halaman web yang dibuat, melainkan agar klien dapat lebih memperhatikan desain yang diberikan, bukan isi dari teks yang tertera pada sebuah desain.

Demikian pembahasan tentang mengenai sejarah singkat lorem ipsum,semoga bermanfaat.

Leave a Reply