Harmoni warna

Saat kita mendesain sesuatu kita pasti memerlukan warna untuk desain yang kita buat.Terkadang mencari kecocokan warna itu jauh lebih rumit daripada mendesain sesuatu.Ternyata untuk mencari sebuah kombinasi warna kita memerlukan panduan.Kali ini saya akan berikan sebuah harmony warna.

 

1.Monocromatic

Skema warna ini menggunakan variasi ringan satu warna atau lebih cenderung menggunakan warna turunan.Contoh:Warna Hijau,maka kita akan menggunakan warna Hijau Muda,Hijau Lemon,dst.

 

2.Complementary

Skema warna yang satu ini juga punya ciri khas sendiri yakni memiliki kontras yang kuat,karena menggunakan warna yang berlawanan dari roda warna.Misalnya Ungu dan Kuning atau Merah dan Hijau.

3.Analog

Skema warna ini terlihat sangat harmonis dan dapat kita temukan pada alam.Skema warna ini menggunakan warna yang bersebelahan pada roda warna.Contoh:perpaduan antara warna Orange,Orange Muda dan Kuning.

4.Triadic

Sesuai namanya,skema warna ini mempunyai pola unik,yakni menggunakan tiga spasi warna pada roda warna.Contoh:Merah,Orange dan Biru.

5.Split Complementary

Variasi warna pada roda warna dengan dua skema warna disamping kanan dan kiri warna komplementer-nya

6.Tetradic

Ialah skema warna yang paling banyak variasinya,karena menggunakan dua pasang warna komplementer.

Nah,teman-teman perpaduan warna diatas dapat menjadi panduan saat kita membuat suatu desain,agar nyaman dan enak dipandang..sekian dulu ya,semoga artikel ini bermanfaat