Hal yang harus diketahui oleh seorang desain grafis

Assalamualaikum .

Jumpa lagi dengan kami akan membahas tentang prinsip kerja seorang desain grafis, ini cuma kasih gambaran sedikit yang diketahui tentang prinsip kerja seorang desain grafis atau hal yang harus diketahui seorang desain grafis.

Langsung ke pembahasan aja, disini akan aku kasih gambaran tentang seorang desain grafis.desain grafis

kalo belum jelas nih akan dijelaskan dikit dibawah rinciannya.

Desain Grafis bekerja secara Online dan desain grafis bekerja secara offline

  • seorang desain grafis yang bergerak secara skill online dapat menjadi web designer dengan skill baik secara desain dengan menggunakan software desain baik Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator.
    • web editor salah satu alat bantu / tools untuk membuat web site dengan mudah dimana sebagai seorang web designer cukup menguasai bahasa web untuk desain grafis (bahasa desain layout web site) XHTML, CSS, XML dan JavaScript.
      • DW (Adobe Dreamweaver) salah satu editor web site yang sudah digunakan secara umum dan tidak telalu sulit dipergunakan walau tools dan menu yang terdapat cukup banyak dan lengkap.
      • CMS (Content Management System) seperti wordpress, joomla, drupal dan lain sebagainya merupakan perangkat lunak untuk sebuah web site yang sudah teruji dan cukup handal, mudah digunakan serta lengkap mau dibuat untuk web site berbagai kategori.
  • Disaat kita menggunakan CMS sebagai media kerja dalam membuat web site dan disini kita dapat memposisikan diri sebagai:
    • koresponden bertugas secara fokus bagaimana sebuah web site terus diisi dengan tulisan dan informasi yang bagus dan berkala diupload.
    • web desain salah satu posisi kerja yang banyak diminati disaat CMS digunakan sebagai perangkat lunak membangun sebuah web site. Penguasaan cukup bahasa pemograman sebagai desainer (XHTML, CSS, XML dan Javascript).
    • web programmer tingkat kerja yg cukup eksklusif dalam bidang CMS sebagai alat bantu membuat web site, dimana peranan ini mampu membuat bentuk baru dari CMS yang dipergunakan.
  • Adapun perangkat lunak lain yang perlu dikuasai tuk seorang desain grafis atau web grafis diantaranya: Adobe Photoshop perangkat lunak mengolah gambar berbasiskan raster atau bitmap yang wajib dikuasai oleh seorang desain grafis. Adobe Illustator perangkat lunak berbasiskan pengolahan gambar vektor. Adobe InDesign pengolahan layout untuk sebuah media baik majalah ataupun koran dan lain sebagainnya. CorelDraw yang sama dengan Adobe Illustrator.
  • Web site yang dikembangkan oleh pengembang yang handal dan menguasai keahlian diatas memiliki peran masing-masing disebut web master.
    • web desain peranan membuat sebuah antarmuka sebuah web site dengan baik
    • web programmer memiliki peran membuat inti web site yang diinginkan seperti apa.
    • web DBA (Database Administrator) berfungsi mengolah basis data sebuah web site baik yang ramping handal dan memudahkan diolah oleh sistem web site itu sendiri.
  • Sedangkan seorang desain grafis secara offline bekerja langsung dengan media yang tampak disekitar kita mulai dari desain kartu nama hingga baliho yang terpampang besar di jalanan.
    • skill desain atau keahlian yang harus dikuasai dimana ini pun tidak berbeda dengan mereka seorang web grafis atau web desain.
      • knowledge atau pengetahuan secara non teknis yang harus dikuasai seorang desain grafis diantaranya pewarnaan / colour management sebuah desain yang baik dalam sebuah desain layout. Typography yang merupakan keahlian non teknis yang harus dikuasai. Typography adalah teknik seni dalam menyusun tulisan yang baik dalam penulisan, mudah dibaca dan menarik ditampilkan.
      • Komposisi layout desain yang tertata dengan baik rapi dan mudah dimengerti secara umum. Bagaimana sebuah desain layout untuk media brosur, flyer dan bagaimana sebuah desain baliho dibuat agar mudah dilihat, dimengerti orang yang melalui baliho terpasang dipinggir jalan raya.
  • komputer/laptop yang merupakan kebutuhan wajib yang diperlukan seorang desain grafis namun ada sisi mereka yang belum mampu memiliki perangkat tersebut merasa tidak dapat meraih predikat seorang desain grafis dan ternyata penyataan tersebut tidak sepenuhnya benar dimana dimana bidang keahlian grafity/doddle art tidak memerlukan komputer atau pun laptop cukup menggunakan media gambar dan alat tulis dan keahlian ini cukup bergengsi dalam dunia bisnis desain grafis.

cukup sekian, langsung tinggalkan jejak(komentar) karena dengan adanya komentar akan menjadikan postingan selanjutnya akan terus berkelanjutan.

Wassalamualaikum .