Buat para desainer grafis, resource gratis adalah sebuah hal yang menyenangkan, selain memudahkan pengerjaan proyek, kita pun tidak usah mengeluarkan biaya.

Nah setelah rilis artikel tentang berbagai website yang menyediakan resource desain grafis gratis di sini, saya juga mau berbagi ke kamu tentang hal – hal gratis yang rasanya sayang banget untuk dilewatin, karena resource gratis ini gak sebenarnya gratis, aslinya berbayar, tapi bisa menjadi gratis karena hal tertentu, atau istilahnya adalah Free Premium.

Ada banyak sebenarnya resource free premium ini, tapi sulit mengetahuinya jika kita tidak tergabung dalam subscribers karena biasanya bersifat sementara, dan free premiumnya pun acak, kita tidak bisa menentukan.

Yuk langsung saja.

 

  1. Envato’s Monthly Freebies

Envato terkenal sebagai penyedia template premium yang punya kualitas, harganya cukup menggigit bagi desainer pemula, tapi kualitasnya berbanding lurus dengan harganya.

Envato yang terbagi dalam 7 bagiannya, menyediakan satu freebies berkualitas dari masing – masing bagiannya setiap bulan.

Contohnya bulan april ini, Envato menyediakan theme wordpress seharga $44 dari bagian ThemeForestnya, dan sebuah pengantar horror seharga $33 dari bagian VideoHivenya, dan juga musik inspirasional seharga $19 dari bagian AudioJunglenya.

Rasa – rasanya ketika melihat harga aslinya, sayang sekali kalau dilewatkan.

langsung saja menuju websitenya di sini, keburu bonus bulan april habis 😀

 

  1. Dealjumbo

Dealjumbo memang website yang menyediakan banyak sekali freebies, yang keren dari Dealjumbo, kita bisa mendapat satu pack gratis, contohnya adalah kumpulan foto.

Tidak main – main, biasanya yang dibagikan adalah contoh atau preview dari sebuah pack premium, yang kemudian kita bisa mendapat sebagian kecilnya saja, dengan gratis.

Banyak juga resource yang lain seperti fonts dan vectors. Dan kerennya, mereka memiliki extended license, alias bisa digunakan untuk commercial use.

menuju websitenya di sini

 

  1. Kursus Online Gratis

Envato Tuts+ punya reputasi sebagai tutorial yang bergengsi, namun punya harga yang cukup mahal, untuk orang Indonesia kebanyakan.

Tapi, baru baru ini, Envato Elements, merilis Envato Tuts+ gratis, dengan syarat memiliki keanggotaan Envato Elements.

Envato Elements sendiri adalah tempat mendownload stocks atau berbagai resource premium untuk desain, yang berbayar.

Memang ini tidak gratis, tapi harga Envato Tuts+ sendiri sudah cukup mahal, nah dengan mendaftar keanggotaan Envato Elements, kita pun bisa mendapat manfaat dari mendownload resource premium, dan mendapat kesempatan belajar tutorial desain secara gratis.

Menurutku sih ini sangat sayang untuk dilewatkan.

kalau tertarik langsung saja ke envato elements

 

  1. Creative Market’s Weekly Freebies

Salah satu competitor  Envato, Creative Market, punya pembagian freebiesnya sendiri, bedanya Creative Market membaginya setiap minggu, bukan setiap bulan.

Creative Market sendiri membagikan 6 buah freebies setiap pekannya, dengan cakupan banyak hal, tidak terpaku pada kategori tertentu, bisa itu theme website, fonts, patterns.

Kualitasnya pun cukup baik, melihat harga aslinya, kapan lagi mendapat fonts dengan full-style dan premium fonts, dengan gratis, sayang sekali untuk dilewatkan.

Langsung saja cek creative market dan subscribe!

 

  1. Hosting Gratis

Mungkin sebagian orang tahu kalau membuat website membutuhkan sebuah hosting, dan semua orang tahu harga Hosting punya harga yang lumayan, dengan tagihan perbulan, jika kita bukan pemilik usaha atau freelancer yang memang membutuhkan sebuah website, harga hosting ini cukup memberatkan, apalagi membuat website bukan hal yang main – main. Nah, Hostinger Indonesia sebagai penyedia jasa Hosting terkemuka punya fitur Hosting Gratis.

Hosting Gratis yang benar – benar gratis, bahkan kita akan diberikan sebuah sub-domain gratis, walaupun itu bukan blabla.com, tapi cukup bagus.

Hosting Gratis ini pun bisa digunakan sebagai bahan belajar bagaimana nanti membuat website sendiri ketika sudah menggunakan hosting yang berbayar, bagaimana menginstall CMS, kustomisasi, posting, upload, dan lain lain.

Menurutku ini sangat sayang untuk dilewatkan, karena harga hosting premium cukup mahal, ditambah membuat website harus punya pengalaman terlebih dahulu, nah hosting gratis ini bisa digunakan untuk membuat pengalaman tanpa membuat kantong cekak.

Coba gratis di sini

 

  1. Domain Gratis

Selain Hosting, yang dibutuhkan adalah domain, nah freenom sudah menyediakan domain yang sepertinya premium, tapi gratis.

Freenom menyediakan empat jenis doman gratis, yaitu .tk, .ga, .ml, dan .cf, semua bisa meningkatkan kredibilitas website, walaupun untuk masalah domain ini, lebih baik yang premium sekalian.

Misal kalian punya website kerjakantor.hol.es, sangat sulit dibaca, dibuatlah dengan kerjakantor.tk, bisa jadi lebih baik, walaupun tentu lebih kredibel lagi kalu menggunakan domain .com, menjadi kerjakantor.com

Domain gratis ini bisa digunakan untuk yang gak mau modal, walaupun sebenarnya menurutku lebih baik menggunakan yang berbayar, tapi sangat sayang untuk dilewatkan, karena ada jarang sekali penyedia jasa domain gratis yang mudah dibuat selain di freenom ini.

langsung saja menuju websitenya di sini

 

***

Oke mungkin aku cuma bisa berbagi enam resource yang sayang untuk dilewatkan, aku juga sudah menggunakan semuanya, dan aku juga sudah berlangganan di berbagai website, dan sedang menunggu Envato’s Freebies bulan Mei!

Semoga apa yang ku share bisa bermanfaat buat kamu, share juga ya ke teman – temanmu, kunjungi juga artikelku yang lain di website ini.

Bye!