Membuat Gambar Cover Profile Facebook

sumber : https://design.tutsplus.com/id/tutorials/craft-a-creative-facebook-cover-in-photoshop–cms-26770

Gambar profil dan foto sampul Facebook adalah cara yang unik dalam berekspresi di situs media sosial populer. Secara alami, kedua elemen tersebut agak terpisah. Foto profil muncul di sebelah tiap komentar atauu status yang Anda masukkan, sedangkan foto sampul hanya dilihat di lini masa Anda. Tetapi bagaimana bila Anda bisa mendesain foto sampul dan foto prodil untuk dikerjakan bersama dalam satu desain tunggal?

Di tutorial ini, kita akan menjelajahi cara membuat gambar sampul yang di situ Anda kelihatan memegang foto profil di tangan Anda. Ini adalah cara kreatif dengan menggunakan elemen-elemen desain dalam satu desai yang terkoordinasi.

Jika Anda tidak punya waktu, Anda bisa membeli berbagai templat media sosial yang berbeda dan sampul Facebook di Envato Market.

Facebook memiliki pendekatan yang menarik dalam layout gambar sampul dan gambar profil. Penting untuk memahami sejumlah batasan sebelum memulai proyek ini. Tidak ada yang lebih membuat frustrasi daripada mendapati visi Anda digagalkan oleh batasan-batasan pada sarana yang tidak bisa Anda kendalikan.

Ada beberapa aturan yang keras dan cepat yang harus dipahami sebelumnya,yaitu :

  • Gambar sampul harus berukuran tepat lebar 851 piksel dan panjang 315 piksel. Jika ukurannya tidak berdimensi seperti di atas, Facebook akan mencoba untuk memotong atau mengubah ukurannya.
  • Gambar prodil haruslah persegi dan akan tampil dalam ukuran 160 piksel kali 160 piksel di komputer Anda (atau bahkan lebih kecil di perangkat selular) Tapi anehnya, Facebook tidak mengizinkan Anda mengunggah foto profil yang berukuran tepat sebagaimana dimensi yang disebutkan di atas. Facebook berkeras memperkecil gambarnya. Kenyataannya, ukuran minimal gambar profil yang bisa diunggah adalah 180 piksel kali 180 piksel.
  • Akan selalu ada garis batas berwarna putuh di sekitar gambar profil. Ini sudah dikode secara kokoh di tampilan antar muka Facebook, dan Anda tidak bisa mengontrolnya sama sekali. Pedekatan terbaik adalah memastikan Anda memperhitungkan hal tersebut dalam desain Anda.

Untuk membuat keseluruhan prosesnya lebih mudah, ada file Photoshop yang disertakan di tutorial ini untuk Anda unduh dan gunakan sebagai templat. Silakan cek lampiran FB Cover Template.psd.

Konsep saya untuk desain ini adalah untuk membuat gambar profilnya seakan selembar foto yang saya pegang di gambar sampul. Saya menggunakan sejumlah kertas putih berbentuk persegi sebagai sarana untuk menempatkan foto bagi desain akhirnya.

Foto yang paling susah diambil adalah foto untuk gambar sampul. Dimensinya sangat sempit tapi melebar, artinya kertas putihnya harus dipegang dalam posisi tinggi yang terasa kurang alami.

Setelah mengambil gambar untuk foto sampul, tugas selanjutnya adalah mengambil sejumlah foto dengan gaya berbeda. Jadilah kreatif, dan gunakan bermacam-macam pose, pakaian, dan sarana. Penting untuk membuat gambar-gambar yang berbeda itu terkesan berhubungan satu sama lainnya, misalnya dengan menggunakan bingkai, latar belakang, atau pengaturan kamera yang sama.

File templat memanfaatkan objek-objek cerdas untuk memastikan bahwa file-file yang diekspor akan selalu tepat sama dengan ukuran piksel yang benar. Namun bekerja dalam file objek cerdas cukup menyulitkan untuk mendapat gambaran posisi secara keseluruhan. Jadi gunakan templatnya untuk mendapat posisi objek yang benar, lalu transfer gambarnya ke objek cerdas.

Buka file FB Cover Template.psd di Photoshop. Lalu buka File > Place > Linked untuk meletakkan foto sampulnya ke templat. Posisikan layer fotonya tepat di atas layer Cover Photo.

Klip layer foto ke layer foto sampul dengan membuka Layer > Create Clipping Mask (Alt-Control-G). Ini akan menghalangi visibilitas foto pada batasan-batasan sampul (cover).

Buka Edit > Free Transform untuk memunculkan pegangan transformasi, lalu gerakkan, ubah ukuran, dan putar fotonya sampai ukuran kertasnya sesuai dengan kotak gambar profil.

Agak tidak mungkin fotonya tampak memegang kartu pada posisi dan angle yang ideal untuk framing yang optimal. Di sinilah sebenarnya manfaat dimensi sempit sampul Facebook. Idenya adalah menggunakan gambarnya dua kali: pertama dengan posisi tangan yang tepat, dan selanjutnya agar keseluruhan gambar tampak lebih menarik.

Duplikasi layer fotonya dengan Layer > Duplicate Layer. Lalu klip layer yang disalin ke layer sebelumnya dengan Layer > Create Clipping Mask (Alt-Control-G).

Gunakan Rectangular Marquee Tool (M) untuk menggambar seleksi sekitar gambar tangan yang memegang kartu foto profil. Gunakan seleksi tersebut sebagai layer mask dengan membuka Layer > Layer Mask > Reveal Selection. Belum akan ada perubahan yang tampak karena salinan gambar itu berada tepat di bawah layer ini.

Pillih layer foto yang asli dan gunakan Edit > Free Transform (Control-T) untuk memosisikan gambar di komposisi yang sedikit lebih baik, agar memastikan bahwa kartu-kartu lainnya terlihat dengan jelas.

Pilih kedua layer foto dengan shift-klik kedua thumbnail di panel Layers. Lalu gabungkan bersama dengan Layer > Merge Layers (Control-E).

Sekarang pemosisian gambar sampul sudah dituntaskan, pegeditan foto yang lebih intensif bisa dilaksanakan dalam foto sampul objek cerdas. Pastikan layer fotonya adalah layer saat ini dan Control-klik pada thumbnail objek cerdas Cover Photo untuk membuat seleksi di sekitarnya. Lalu bukalah Edit > Copy (Control-C) untuk menyalin piksel fotonya ke bentuk seleksi ini secara tepat.

Sekarang saatnya transfer piksel sampul (cover) ke objek cerdas dan membuat efek akhirnya. Saya memilih efek monokrom kontras tinggi pada foto cover tersebut. Anda bisa menggunakannya juga, atau buat efek Anda sendiri!

Dobel klik thumbnail Cover Photo untuk membuka objek cerdas itu. Lalu buka Edit > Paste (Control-V) untuk melekatkan piksel foto yang telah disalin ke layer baru.

Gunakan Quick Selection Tool (W) untuk membuat seleksi di sekitar gambar dan kartu untuk mengisolasinya dari latar belakang. Lalu gunakan seleksi tadi untuk membuat layer mask dengan Layer > Layer Mask > Reveal Selection.

Letakkan di latar belakang yang berbeda. Yang dimaksud di sini bisa gambar apa saja yang Anda pilih, tetapi background jalanan kota yang kabur dari Envato Market ini adalah pilihan yang sempurna.

Lakukan penyesuaian yang dibutuhkan terhadap gambar latar belakang tersebut. Sebagai contoh, Anda bisa menambahkan adjustment layer Curves dan ubah kurvanya untuk secara signifikan mempercerah latar belakang tersebut.

Gunakan File > Place (ditautkan atau ditanamkan) untuk meletakkan salah satu gambar profil. Ubah ukuran, putar, dan posisikan supaya pas dengan salah satu kartu yang dipegang tangan satunya. Ubah mode blending layer ke Multiply untuk membuat fotonya bisa bercampur dengan bayangan foto sampul.

Gunakan Quick Selection Tool (W) sekali lagi untuk membuat seleksi jari-jarinya, lalu buka Layer > Layer Mask > Hide Selection.

Tempatkan gambar-gambar profil lainnya ke sini dengan cara yang sama. Terapkan Mask pada gambar-gambar tersebut untuk membuat kesan tiap kartu adalah foto yang berbeda.

Buatlah layar gabungan di atas tumpukan layer dengan menahan tombol Alt dan membuka Layer > Merge Visible. Lalu transformasikan layer gabungan tersebut jadi objek cerdas dengan Layer > Smart Objects > Covert to Smart Object.

Buka Filter > Camera Raw Filter dan buat pengaturan berikut di bilah Basic:

  • Exposure: +.30
  • Highlights: +88
  • Shadows: +42
  • Whites: +86
  • Clarity: +37
  • Saturation: -76

Beralihlah ke bilah Effects dan lakukan pengaturan sebagaimana berikut:

  • Dehaze: +26
  • Post Crop Vignetting Amount: -33

Setelah menerapkan filter Camera Raw, klik thumbnailnya untuk Smart Filter mask di panel Layers. Buat seleksi di sekitar gambar-gambar profil, lalu isi seleksinya dengan warna hitam, gunakan perintah Edit > Fill dengan Content diatur ke Black. Ini akan menghilangkan efek monokrom dari foto-foto di kertas putih.

Simpan file Cover Photo dan kembalilah ke file FB Cover Template. Sembunyikan atau hapus layer gambar sampul yang digunakan untuk pemosisian awal. Ini akan menyingkap gambar sampul yang sudah diperbarui di objek cerdas.

Sekarang saatnya menggarap foto profil! Meskipun Facebook akan menampilkan gambar yang tidak lebih besar dari 180 x 180 piksel, adalah bijaksana untuk menambahkan gambar yang lebih besar. Templat ini dibuat untuk mampu menampung foto profil 1000 x 1000 piksel.

Dobel-klik objek cerdas Profile-Blank untuk membukanya. Perhatikan bahwa file sumber ukurannya jauh lebih besar dari 180 x 180 yang dibutuhkan. Ini disengaja karena semakin tinggi kualitas gambarnya, semakin baik penampilan foto akhirnya.

Gunakan File > Place (ditanamkan ataupun ditautkan) untuk meletakkan file foto profil yang Anda pilih ke dalam file. Lalu simpan filenya, tapi jangan ditutup dulu!

Kembalilah ke file templat untuk memeriksa bagaimana kelihatannya gambar profil tersebut. Terlihat bagus, tapi ilusinya akan sangat terbantu dengan bayangan halus di jari-jari. Camkan bahwa tidak ada yang bisa dilakukan dengan bingkai warna putihnya, jadi bayangannya semestinya cukup halus.

Tambahkan layer baru di atas layer profil untuk shadows. Control-klik layer profil untuk membuat seleksi di bentuk tersebut. Lalu gunakan Brush Tool (B) dengan preset Soft Round  opacity rendah dan warna abu-abu untuk secara lembut memberi warna pada bayangan di bawah jari-jari.

Gunakan Move Tool (V) untuk menarik layer bayangan ke file profile. Lalu gunakan Edit > Free Transform (Control-T) untuk mengganti ukuran bayangan agar sesuai dengan gambar profil yang lebih besar.. Jika bayangannya tampak terpikselasi karena pembesaran, gunakan Brush Tool (B) untuk memperbaikinya.

Simpan file profilnya lagi dan periksa kembali file templatnya. Hapus layer bayangan asli dan periksa apakah gambar profil yang sudah diperbarui untuk memasukkannya di sana.

Buka kedua Profile dan objek cerdas Cover Image. Gunakan File > Export > Export As dan simpan tiap file sebagai JPG dengan kualitas 100% (Facebook akan melakukan kompresinya sendiri).

Bagaimana hasil desain kreatif sampul Facebook Anda? Ambil screenshotnya dan bagikan dengan kami di komentar-komentar di bawah ini.