Fungsi Weld, Trim dan Intersect Pada CorelDRAW

Weld Trim dan Intersect sangat penting untuk diketahui. Hal ini dikarenakan bahwa fungsi alat ini merupakan hal yang terpenting untuk membentuk desain yang menarik. Meskipun ada efek lain yang dianggap utama akan tetapi ketiga komponen ini seperti selalu mendominasi dalam setiap pengerjaan sebuah karya desain pada coreldraw. Bahkan dari pihak corel sendiri menaruh alat ini pada property bar yang merupakan tempat para komponen penting dalam membuat sebuah maha karya.

Fungsi weld trim dan intersect
Dalam prakteknya ketiga alat ini memiliki kemiripan yaitu setiap efeknya akan memiliki fungsi yang baik atau hanya terjadi jika terdapat dua objek atau lebih. Sehingga sebelum menggunakan alat ini pastikan untuk menyiapkan dua objek atau lebih, baik itu bidang atau text. Kemudian persamaan yang kedua adalah ketiga alat ini yaitu weld trirm dan intersect akan merubah format text menjadi objek atau bidang.

FUNGSI WELD TRIM DAN INTERSECT

Weld

adalah sebuah alat yang menyebabkan bergabungnya dua objek atau lebih menjadi satu bidang atau satu outline. Gambarannya adalah jika proses weld sudah berhasil maka jika diberikan warna atau efek lain bidang tersebut akan memiliki satu efek layaknya objek tunggal meskipun bidang tersebut hasil dari gabungan dua objek.
Trim

Memotong sebagian dari objek menggunakan objek lain. Yang harus diperhatikan adalah waktu menyeleksi bidang untuk di trim, bidang yang pertama adalah berfungsi sebagai pemotong dan yang lain bagian yang dipotong.
Intersect

Membuat area baru dari dua objek atau lebih yang saling menimpa. Jika weld dan trim tadi tidak menambah objek lain maka intersect ini memiliki kecenderungan menambah objek baru.

CARA KERJA WELD TRIM DAN INTERSECT

Memang akan terasa sulit jika hanya menerka dan membaca tanpa memberikan beberapa bukti ataupun contoh grafis pada coreldraw. Kali ini akan saya perlihatkan tutorial sederhana dan bentuk jadi yang semoga bisa mudah dipahami untuk kedepannya.

Yang pertama adalah proses weld adalah penggabungan dua objek atau lebih. Perhatikan dua objek yang akan saya peragakan. Saya memiliki 2 bidang yang bulat berwarna kuning dan yang satu lagi adalah kotak dengan warna hijau. Ketika saya seleksi keduanya dan kemudian saya berikan fungsi Weld pada property bar, maka akan berubah menjadi seperti satu kesatuan bidang.

weld
Sementara yang kedua adalah trim. Saya akan tetap menggunakan dua objek tersebut sebagai contoh sehingga tau perbedaan serta perubahan setiap efeknya. Saya aka menyeleksi pertama adalah objek bulat sebagai pemotong dan yang di potong adalah kotak hijau (Jika ingin sebaliknya maka harus dilakukan sebaliknya saat penyeleksian). Setelah di trim maka hasilnya bisa dilihat

trim

Yang terakhir adalah Intersect. Fungsinya memberikan objek baru yang letaknya adalah bidang yang saling menumpang antar objek. Perhatikan objek lingkaran yang overlap dengan bidang hijau. Saya seleksi semua dan gunakan fungsi intersect. Maka akan berubah menjadi seperti pada gambar.

intersect
Fungsi Weld Trim dan Intersect pada Coreldraw bisa digunakan untuk membuat tulisan kaligrafi atau tipografi dan lain sebagainya. Beberapa contoh yang bisa saya tekankan yang menggunakan ketiga alat tersebut bisa dilihat pada contoh di bawah ini

contoh-trim

sumber : internet