Fungsi InDesign

0
273

Weeeewww..Kali ini saya bakalan njabarin apa itu fungsi InDesign.

buat orang desain mah pasti dah nggak asing lagi dengan nama indisen atau InDesign dari Adobe

Dunia software memang tak ada matinya, tiap tahun pasti bermunculan software – software baru. Baik itu memperbarui software yang lama atau software revisi, sampai software yang memang benar-benar baru. Ini merupakan salah satu dampak dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Dalam era modern ini, kita harus mengikuti perkembangan di segala bidang khususnya di bidang komputer. Mengapa demikian, ini dikarenakan semua akses informasi awalnya melalui komputer.

Dalam ilmu grafis, banyak software yang mungkin harus dikuasai agar memudahkan dalam mengerjakan suatu pekerjaan tertentu. Misalnya Corel draw untuk mendesain vector atau banner-banner, Adobe photoshop untuk edit dan manipulasi foto atau gambar, foto resizer untuk mengubah ukuran gambar dalam jumlah yang banyak sekaligus, untuk layout digunakan Adobe Indesign, dan masih banyak lagi software-software lainnya.

Kenapa harus menguasai? Bukannya satu software sudah cukup? Ya, memang software grafis memang bisa digunakan untuk beberapa keperluan, namun satu software kadang memiliki beberapa kelemahan untuk mengerjakan pekerjaan yang bukan seharusnya. Misalnya dalam memotong gambar, lebih mudah memakai apa? Tentu Adobe photoshop, meskipun Corel draw dan Adobe Indesign juga bisa melakukannya, namun akan sedikit memerlukan usaha.

Dalam artikel di Blog hardware dan software kali ini, izinkan saya menyampaikan informasi singkat mengenai fungsi Adobe Indesign. Alasan mengapa saya menulis ini karena memang saya Dapat tugas dari guru saya untuk membuat artikel tentang Desain. hehehehe. Harapannya ilmu saya yang sedikit ini bisa bermanfaat untuk orang banyak. Baiklah tidak usah berlama-lama, mari kita simak fungsi Adobe Indesign dalam artikel singkat dibawah ini :
Fungsi Adobe Indesign

Adobe Indesign – merupakan software grafis keluaran adobe yang berfungsi melakukan tugas pelayoutan. Adobe Indesign sendiri merupakan penyempurnaan dari software Adobe pagemaker. Dengan fitur yang lebih mudah digunakan tentunya. Dengan Adobe Indesign pekerjaan di bidang layout akan semakin mudah. Adobe Indesign sangat cocok untuk layout karena memiliki fitur-fitur seperti halaman yang berkelanjutan, tidak seperti Corel draw yang harus pindah halaman ketika mau pindah. Di Adobe Indesign kita langsung bisa melihat semua halaman.
Fungsi Adobe Indesign sangat penting terutama pada bagian layout seperti :
Desain layout halaman koran, koran merupakan contoh pekerjaan yang Desainnya sebagian besar ada di bidang layout. Ketika bekerja dengan teks dan layout, software Adobe Indesign sangat cocok untuk mengerjakan halaman koran.
Desain layout majalah, sama seperti koran, majalah juga terdiri dari banyak halaman dengan teks dan gambar. Untuk mengerjakan pekerjaan majalah, software yang paling saya rekomendasikan adalah Adobe Indesign. Dengan Adobe Indesign kita bebas mengatur gambar dan teks. Text wrap-nyapun sangat mudah dan rapi.
Desain layout buku. Terbayang tidak jika kita mendesain buku yang notabennya memiliki banyak sekali halaman yang membuat kita sedikit bingung dalam pengerjaannya. Dengan Adobe Indesign semua halaman akan terlihat dalam satu dokumen. Sehingga tidak akan menyulitkan.

Dan masih banyak lagi pekerjaan yang bisa dikerjakan Adobe Indesign. Yang penting berhubungan dengan layout dan teks

 

sumber : internet

Leave a Reply