Menjadi seorang profesional adalah keinginan setiap orang, tapi terkadang menjadi seorang profesional adalah hal yang sangat sulit dicapai, selain banyak yang harus dikorbankan, tidak semua orang lolos kualifikasi untuk menjadi seorang profesional.

Tapi penulis menemukan beberapa faktor yang harus dimiliki oleh seorang yang mempunyai cita – cita menjadi seorang Desainer Grafis sukses, beberapa hal adalah berikut.

  1. Rasa Tanggung Jawab

Mengerjakan proyek orang lain, atau keinginan klien adalah sebagian besar seorang desainer grafis hadapi, dengan klien yang punya banyak keinginan dengan budget yang seadanya, desainer grafis dituntut untuk merasa tanggung jawab atas setiap pekerjaan yang dilimpahkan klien padanya.

Dengan rasa tanggung jawab, seorang desainer grafis menjadi lebih punya keinginan untuk memuaskan pelanggannya, tidak hanya untuk menyelesaikan tugasnya, dan juga, rasa tanggung jawab membuat usaha yang dikeluarkan menjadi lebih maksimal.

 

  1. Jiwa Pembelajar

Ilmu desain grafis sangat mobile, dengan berbagai perkembangan aplikasi dan semakin meningkat pesatnya dunia internet menyebabkan seorang desainer grafis tidak boleh diam saja, harus terus belajar memahami tren yang sedang berlangsung dan berpikir bagaimana bisa survive dengan berbagai tuntutan zaman.

Jumlah desainer grafis pun terus meningkat setiap tahunnya, dengan berbagai universitas dengan jurusan DKVnya, belum lagi kemudahan aplikasinya, membuat setiap desainer grafis harus putar otak bagaimana caranya bisa bersaing dengan yang lain.

Pokoknya, harus siap terus belajar dan bertarung supaya ingin menjadi Desainer grafis sukses.

 

  1. Open-Minded

Dengan berbagai jenis bidang dan tipe dalam desain grafis, membutuhkan seorang desainer grafis memikirkan setiap detail dengan baik.

Maka ketika terjadi tabrakan, atau kesalah-pahaman, maka desainer grafis membutuhkan rasa open-mind, menerima dengan lapang setiap hal, menerima kritik dan saran dengan baik, sehingga bisa didapat hasil yang maksimal.

Coba jika tidak? Hasil kaku, emosional, tidak berkembang, sangat tidak dianjurkan memiliki Close-Mind.

 

  1. Keinginan Untuk Maju

Banyak desainer grafis sudah merasa puas ketika berhasil menjadi desainer grafis tetap di sebuah perusahaan, padahal, itu adalah ciri, suatu hambatan yang menghambat dia untuk bisa berkembang.

Merasakan bahwa dia berada di titik nyaman, kemudian mulai mengungkung diri sendiri di dalamnya, sehingga ketika rasa nyaman itu hilang, orang tersebut tidak bisa lagi bertahan.

Banyak sekali orang yang seperti itu, tapi jika kita ingin menjadi seorang desainer grafis yang sukses, terus tanamkan dalam diri untuk terus maju, karena jika tidak, kita akan dilibas oleh orang yang lebih maju dari kita.

 

  1. Fokus

Fokus disini bisa berarti banyak hal, fokus kepada pekerjaan, fokus pada cita – cita, proyek, dan lain – lain.

Untuk Creative Agency, bisa berfokus pada meningkatkan jumlah dan kualitas proyek, buat para freelancer, bisa berarti meningkatkan jumlah klien dan klien yang puas.

Ini sudah jelas, Fokus sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang Desainer Grafis yang sukses.

 

  1. Berani Berkorban

Banyak para desainer grafis diluar sana yang perkembangannya sangat lamban, penyebabnya biasanya karena mereka tidak berani keluar dari rasa nyaman, dan tidak mau mengeluarkan hal lebih untuk meningkatkan kualitas mereka.

Padahal, pepatah jelas, Give to Take, memberi untuk menerima, jadi kita harus berani berkorban untuk mendapatkan yang lebih baik, giving for the greater good, misalnya mengikuti berbagai pelatihan, workshop, kursus online, meningkatkan kualitas hardware, membeli berbagai alat penunjang, dan lain – lain.

Rasa berkorban bisa menghasilkan hal yang bahkan tidak diduga –duga.

 

  1. Punya Mood-Booster

Sudah tidak dipungkiri lagi, pikiran yang kreatif membutuhkan mood yang sesuai, ketika mood sedang jelek, boro – boro bisa menciptakan barang yang kreatif, bekerja pun sudah sulit.

Oleh karena itu, seorang desainer grafis sukses harus memiliki sebuah Mood-Booster, bisa itu lagu – lagu penyemangat, sebuah hobi yang menyenangkan, atau orang yang selalu mendukung, itu bisa menjadi pikiran kreatif kita selalu penuh dengan ide – ide yang bisa membantu dalam pekerjaan.

 

Oke, mungkin itu sebagian faktor – faktor yang mendukung kita menjadi seorang desainer grafis sukses, semoga kita bisa memilikinya.

Jangan menyerah dan terus tingkatkan kualitas kita!