Element-Element Layout

Element - Element Layout Majalah

Sebelum memasuki pelajaran Indesign Pak fajar ( Instruktur Desain Grafis) menjelaskan tentang  Elemen-elemen layout dan Implementasinya pada media (Newletters /koran, majalah, buku, company profil). Element – Elementnya sebagai berikut:

  1. Header adalah area diantara sisi atas kertas dan margin atas.
  2. Judul/ head/haeding/headline Suatu tulisan biasanya diawali oleh sebuah atau beberapa kata singkat yang disebut judul. Judul dibuat ukuran besar untuk menarik perhatian pembaca dan membedakannya dari elemen layout lainnya. Selain dari ukuran, pemilihan sifat yang tercermin dari jenis huruf yang dipilih juga harus menarik, karena segi estetik pada judul lebih diprioritaskan. Misalnya dapat menggunakan huruf-huruf yang bersifat dekoratif dan tidak terlalu formal.
  3. Deck/ Blurb/ Standfirst adalah gambaran singkat tentang topik yang dibicarakan pada isi tulisan (bodytext). Letaknya bervariasi tapi biasanya antara judul dengan isi. Fungsi deck yaitu sebagai pengantar sebelum orang membaca isi tulisan, dengan ciri: ukuran hurufnya lebih kecil dari judul tapi tidak sekecil huruf pada isi, jenis huruf yang digunakan berbeda dengan judul, dapat menggunakan jenis huruf yang sama tetapi warna deck dibedakan dengan judul dan isi tulisan (bodytext)
  4. Initial caps Merupakan huruf awal yang berukuran besar dari kata pertama pada paragraf. Karena lebih bersifat estetis, tidak jarang hanya terdapat satu initial caps di dalam satu naskah.
  5. Kotak/ Box/ Bingkai/ Border/ FrameKotak biasanya berisi tulisan yang bersifat tambahan dari tulisan utama. Bila letaknya dipinggir halaman disebut dengan sidebar. Penggunaan Kain Sintetis dan Kain Tradisional di Indonesia Garis sebagai pembagi area.
  6. Artworks adalah semua jenis karya seni bukan fotografi baik berupa ilustrasi, kartun,atau sketsa. Pada situasi tertentu, artworks atau clip art sering kali menjadi pilihan yang lebih dapat diandalkan dibanding- kan bila memakai teknik fotografi, karena dapat menyajikan informasi menjadi lebih menarik.
  7. Footer adalah area diantara sisi bawah kertas dan margin bawah.
  8. Kicker atau eyebrows adalah sebuah tulisan yang menunjukkan bab atau topik yang
    sedang dibaca.
  9. Callouts merupakan keterangan yang menyertai elemen visual, biasanya ditulis dalam suatu bidang atau memiliki garis-garis yang menghubungkannya dengan bagianbagian dari elemen visualnya.
  10. Byline/ Credit Line/ Writer’s credit adalah nama seseorang yang menjadi penulis atau pengarang yang mengisi bagian isi atau bodytext.
  11. Caption adalah keterangan yang menyertai elemen visual. Biasanya dicetak dalam ukuran kecil dan dibedakan gaya atau jenis hurufnya dengan bodytext dan elemen teks lainnya.
  12. Foto merupakan elemen penting karena dapat menjelaskan isi pesan pada tulisan yang dibuat. Foto mempunyai kekuatan untuk memberi kesan sebagai “dapat dipercaya”.
  13. Sidebar merupakan nama situs yang dapat dikunjungi oleh pembaca untuk memperoleh informasi lebih lanjut tentang isi dari tulisan tersebut.
  14. Point Bullets merupakan suatu daftar atau list yang mempunyai beberapa baris berurutan kebawah, biasanya di depan tiap barisnya diberi penanda berupa angka (numbering) atau simbol (digbats).
  15. Informational/ graphics/ infographics merupakan fakta-fakta dan data-data statistik dari hasil survey dan penelitian yang disajikan dalam bentuk grafik (chart), diagram, tabel, dan peta.
  16. Signature/ Mandatories
  17. Nomor halaman/ page number bertujuan untuk mengingatkan pembaca dalam mengingat halaman mana saja yang sudah dibaca.
  18. Indent adalah baris pertama paragraf yang menjorok masuk ke dalam, sedangkan hanging indent adalah kebalikannya, yaitu baris pertama tetap pada posisi dan barisbaris di bawahnya menjorok masuk ke dalam.
  19. Subjudul/ subhead/ crosshead adalah sebuah sebuah judul kecil yang berada dalam isi atau bodytext. Tulisannya harus dapat menarik perhatian pembaca, biasanya tulisannya diberi warna lain dan di pertebal.
  20. Pull quotes/ Liftouts merupakan elemen layout yang menerangkan Bodyext atau garis besar dari isi.
  21. Isi/Bodytext/ Bodycopy/ Copy/ Cpytext atau bodytext tulisan, merupakan elemen layout yang paling banyak memberikan informasi terhadap topik bahasan. Keberhasilan suatu bodytext ditentukan oleh judul dan deck yang menarik, sehingga pembaca meneruskan keingintahuan akan informasi yang lengkap, serta gaya penulisan yang menarik dari bahasan tersebut.
  22. Running head/ Running headline/ running title/ running feet/ runners merupakan judul buku, bab atau topik yang sedang dibaca

Jadi saat kita akan melayout majalah atau koran kita harus tahu dulu element-elementnya.

Sumber: Internet