Elemen Nirmana

Banyak sekali yang kita lihat bentuk-bentuk gambar yang seperti bergerak, tetapi gambar tersebut tidaklah bergerak. Pasti teman-teman pada bingung kan ? bukankah begitu. Nah, gambar itulah disebut Nirmana.

Elemen Nirmana 4 dalam konsep desain :
Elemen seni rupa dsalam dikelompokan menjadi 4 bagian, berdasarkan bentuknya :

  1. Titik : Suatu bentuk kecil yang tidak mempunyai dimensi, titik Y yang paling umum adalah bundaran sederhana, mampat tak bersudut dan tanpa arah.
  2. Garis : Suatu hasil goresan nyata dan batas limit suatu benda , ruang, rangkaian massa dan warna.
  3. Bidang : Suatu bentuk pipih tanpa ketebalan, mempunyai dimensi panjang, lebar, luas , pertemuan dari beberapa titik.
  4. Gumpal : Suatu bentuk dimensi dan tebal bidang Y mempunyai dimensi ketebalan dan kedamaian.

Salah satu nirmana yaitu Dwimatra. Biasanya di bawa di media canvas. Nirmana : Pengorganisasian titik, garis, warna , ruang bdan tekstur menjadi kesatuan yang harmonis.

Intinya : ILMU TANPA RUPA.

Di dalam nirmana seseorang mempelajari sesuatu yang berhubungan dengan seni rupa dan desain pada level dasar. Untuk mendapatkan nirmana dwimatra biasanya dimulai dari pembuatan objek dassar kemudian di tata dan di susun sedemikian rupa sehingga membentuk suatu pola biasanya di susun dengan cara memutar objek dua di mensi ( rotate ), memiringkan objek ( skew ), menduplikasikan objek ( doplicate ), merubah ukuran (transform ), membalik objek dwi warna ( mirror ) atau langkah dari dominasi kesemuanya.

Inilah hasil nirmana yang aku buat..