Efek Lingkaran Pop Art

0
199

Efek sederhana yang saya pelajari dari majalah Practical Photoshop, cara membuat efek pop art dengan mudah. Ada teknik yang lebih baik tentu saja, tapi yang ini sangat mudah.

Preview

Berikut adalah efek lingkaran pop art yang akan kita hasilkan.

Detail Tutorial

  • Tingkat Kesulitan: Pemula
  • Software yang Digunakan: Adobe Photoshop
  • Teknik yang Dipelajari: Membuat pola, filter
  • Lama Pengerjaan: 10 menit

Tutorial

Video

Langkah 1

Buka gambar yang ingin Anda beri efek. Gambar ini diambil dari shutterstock dan sedikit dipotong (crop) untuk menyesuaikan komposisinya. Tapi, seperti biasa Anda bisa menggunakan gambar mana pun yang sesuai. Tekan Ctrl + J atau geser Background di Panel Layers ke atas ikon New Layer untuk menduplikasinya. Dengan menduplikasi terlebih dahulu, kita mengamankan gambar asli. Jadi, jika ada kesalahan kita tinggal menghapusnya dan bisa langsung kembali ke gambar asli.

Langkah pengerjaan

Langkah 2

Klik Filter > Pixelate > Mosaic. Di sini, digunakan ukuran sel 8. Klik OK untuk menerimanya.

Langkah pengerjaan

Langkah 3

Buat file baru (Ctrl + N) dengan ukuran sesuai dengan nilai sel dalam filter Mosaic yang kita berikan. Untuk nilai sel 8, kita buat file baru berukuran 8 px × 8 px. Untuk latarnya, pilih saja putih (White) di Background Contents. Klik tombol OK.

Langkah pengerjaan

Langkah 4

Tekan Ctrl + 0 untuk memperbesar tampilan kanvas file. Aktifkan Tool Marquee Ellipse. Sambil menahan Shift, klik dan geser untuk membuat sebuah lingkaran di tengah-tengah kanvas. Buat layer baru. Isi seleksi lingkaran dengan hitam.

Langkah pengerjaan

Langkah 5

Hilangkan seleksi, Ctrl + D. Tekan Ctrl + I untuk membalik gambar, hitam jadi putih dan sebaliknya. Klik Edit > Define Patterns. Simpan bentuk ini sebagai sebuah pola dengan nama dot.

Langkah pengerjaan

Langkah 6

Kembali lagi ke gambar. Buat layer baru.

Langkah pengerjaan

Langkah 7

Klik Edit > Fill. Di pilihan Use, pilih Pattern untuk mengisi layer baru dengan pola. Pilih pola dot yang tadi kita buat. Klik OK.

Langkah pengerjaan

Langkah 8

Gambar akan dipenuhi oleh titik-titik hitam. Ubah blend mode layer menjadi Multiply. Turunkan Opacity layer berpola titik-titik jika diperlukan.

Langkah pengerjaan

Hasil Akhir

Inilah tampilan akhir yang kita peroleh. Cukup sederhana dan mudah bukan? Semoga Anda menyukainya.

Sumber: http://desaindigital.com

Leave a Reply