Efek 3D Menggunakan Photoshop

0
302

1     Salah satu trik dasar dalam pengolahan grafik atau tulisan adalah efek 3 Dimensi. Dengan menggunakan Adobe Photoshop kita bisa menerapkan efek 3 Dimensi baik pada gambar atau pada tulisan. Berikut ini akan dijelaskan trik sederhana untuk membuat efek 3D pada tulisan menggunakan Photoshop.

1. Setelah membuka aplikasi Adobe Photoshop, buat dokumen baru dengan cara pilih “File”, kemudian “New” atau bisa juga menggunakan shortcut Ctrl+N. Selanjutnya akan muncul kotak dialog New Dokumen. Beri nama dokumen Photoshop baru anda misal dengan nama ‘Efek3D’. Isikan ukuran width dan height sesuai keinginan anda. Karena kita akan memberikan efek pada tulisan, sebaiknya isikan ukuran width dan height yang tidak terlalu besar. Untuk Background content pilih white. Setelah selesai klik OK.

2Gambar : Kotak dialog New Dokumen.

  1. Buat layer baru dengan mengklik icon Create New Layer yang terletak di bagian bawah layer Palette. Atau bisa juga pilih pada menu bar pilihan “Layer”, “New Layer”. Untuk shortcut keyboard bisa digunakan tombol Ctrl+Shift+N. Akan muncul kotak dialog New Layer. Klik saja OK. Akan terbentuk layer baru dengan nama Layer 1 di atas layer Background dan tersorot warna biru sebagai tanda sebagai layer yang aktif saat ini.
  2. Klik icon Horizontal Type Tool pada icon palette atau bisa dengan menekan tombol T pada keyboard. Dengan aktifnya tool Horizontal Type, maka pada option bar di bawah menu bar akan muncul option untuk Horizontal Text Tool. Pilih jenis font yang anda inginkan berikut ukurannya. Sebaiknya pilih jenis teks yang tebal karena akan lebih mudah diberi efek 3 dimensi. Pilih alignment center. Klik kotak di sebelah pengaturan teks alignment untuk memilih warna teks yang anda inginkan.
    kGambar: Option bar untuk Horizontal Type Tool.

Kemudian klik pada dokumen dan tuliskan teks pada anda. Setelah selesai mengetik, klik tanda checklist pada option bar. Anda bisa perhatikan bahwa nama layer berubah sesuai dengan tulisan yang anda ketik.

  1. Atur lebar dan posisi teks pada dokumen dengan menggunakan Free Transform. Pilih “Edit” kemudian “Free Transform” atau dengan shortcut Ctrl+T. Akan muncul kotak di sekeliling teks. Klik pada tengah-tengah teks kemudian drag pada posisi yang anda inginkan. Untuk mengatur ukuran teks, klik pada pinggir kotak Free Transform kemudian drag sesuai ukuran yang anda inginkan. Klik tanda checklist pada option bar sebagai tanda selesai mengedit.

3

Gambar: Kotak Free Transform mengelilingi teks.

5. Duplikasi layer dengan cara menekan Ctrl+J. Atau bisa juga dengan cara men-drag layer ke icon create new layer yang berada di bagian bawah layer palette. Kemudian drag layer baru ini ke urutan nomor dua. Klik icon mata di sebelah kiri layer original untuk mematikan layer visibility. Untuk sementara kita akan bekerja dengan layer copy. Klik pada layer copy untuk memastikan ia aktif.

4Gambar: Drag layer copy ke posisi dua dan klik icon mata pada layer original (EFEK 2D) untuk mematikan visibility option.

  1. Dengan posisi layer copy aktif, klik pada icon fx di bagian bawah layer palette. Akan muncul menu pilihan, kemudian pilih “Bevel and Emboss”, akan muncul kotak dialog layer style.

5Gambar: Kotak dialog layer style.

Pada pilihan Bevel and Emboss, Pilih Style: Inner Bevel, Technique: Chisel Hard, Depth: 91%, Direction: Up, Size: 5px, Soften: 0px. Kemudian klik OK.

7. Hidupkan kembali visibility option layer original dengan mengklik icon mata di sebelahnya. Klik kembali layer copy. Pastikan layer copy disorot warna biru sebagai tanda aktif. Kemudian klik Move Tool pada icon palette atau klik tombol V pada keyboard. Tekan tombol Atl+panah atas kemudian Alt+panah kanan. Dengan menekan tombol Alt+panah secara bersamaan kita membentuk duplikasi layer copy dengan posisi teks sesuai arah panah. Ulangi kedua langkah tersebut untuk mendapatkan kedalaman yang kita inginkan.

8. Kemudian klik layer original. Klik icon Move Tool atau tekan tombol M pada keyboard. Kemudian drag teks pada dokumen sedikit keatas dan sedikit kekanan dengan hati-hati. Sampai disini anda telah berhasil membuat efek 3D pada tulisan.

9. Tambahkan shadow jika anda menginginkannya. Caranya dengan mengaktifkan layer original kemudian klik icon fx yang terletak di bagian bawah layer palette. Pilih “Blending Options”. Silahkan atur efek bayangan yang anda inginkan pada kotak dialog layer style.

10. Berikut ini hasilnya. Selamat mencoba.

6Gambar: Menerapkan efek 3D pada tulisan.

Referensi: Adobe Photoshop Help

Leave a Reply