Efek 3D Dengan Blend Tool di Corel Draw X7

Saat kita mendapat tugas atau pekerjaan untuk membuat desain 3D, banyak hal yang bisa kita lakukan menggunakan software corel draw. Ada cara yang cukup sulit namun hasilnya memuaskan, atau cara yang simpel namun hasilnya cukup memuaskan.
Kita ambil contoh, untuk membuat efek ketebalan pada desain 3D kita tdak harus menggunakan Extrude, bisa juga dengan menggunakan Blend tooluntukl menghasilkan tampilan gambar 3D yang lumayan. Untuk proses pembuatannya pun cukup mudah , tidak terlalu ribet. Langsung saja kita buat menggunakan coreldraw.

Buat lembar kerja baru, Ctrl + N / file > new >ok

Siapkan objek kotak beri warna sesuai kebutuhan ,  buat dengan Rectangle tool di Toolbox

 

Import objek yang akan di eksekusi

 

Klik lobjek gambar logo, sehingga kotak navigasi menjadi tanda panah disekeliling objek, selanjutnya sorot mouse pada tanda panah yang pojok dan putar sesuai keinginan, namun bisa juga tanpa anda ubah posisinya.

 

Langkah selanjutnya, pada Menu Bar > Effects > klik Add Perspective, dan atur dengan menggeser-geser pada sudut-sudut perintah Add Perspective. maka akan anda dapati tampilan seperti gambar dibawah. Ubah gambar dengan cara menarik setiap ujung blok kotak pada logo.

Dengan Interactive Fill tool di Toolbox, buat gradasi warna pada objek , pada Property Bar Type gradasi pilih Radial  atur dan ubah warna yang akan anda gunakan untuk memberi warna pada gradasi yang akan anda buat. Caranya dengan klik tombol panah pada masing – masing panah warna, dan ubahlah sesuka anda.

 

 

Selanjutnya seleksi semua objek logo dan gandakan dengan tekan tombol Copy Paste, trus pada Property Bar tekan tombol Weld untuk menggabung semua objek menjadi satu, dan beri warna sesuai kebutuhan anda.

Tekan tombol Ctrl+PageDown untuk memposisikan dibawah objek logo, dan gandakan (Copas) objek warna, yang sudah di Weld tersebut dan geser  sesuai kebutuhan.

 

Setelah melalui beberapa proses jadilah tampilan sederhana logo tampak berbeda dengan yang semula / awal. Logo nampak lebih  elegan dengan efek 3D

 

Selamat mencoba , semoga sukses & bermanfaat….