Docker Pada Coreldraw

0
207

Apa itu Dockers ?

Sob Ada yang tahu Docker gak ? kalau yang suka sama belajar Coreldraw pasti tahu apa itu Docker, nah yang lebih jelasnya simak artikel dibawah ini ya, yang saya sadur. Docker adalah seperti layaknya sebuah dialog box. Namun memiliki perbedaan yaitu pada dialog box hanya dapat diakses pada saat sebuah tool tertentu aktif dan akan menghilang ketika perintah editing dijalankan. Docker akan terus terlihat pada tampilan layar kerja dan memiliki lebih lengkap akses perintahnya. Biasanya akan aktif pada sebelah kanan layar coreldraw. Docker-docker yang penting salahsatunya adalah object manajer dan Insert Symbol Character.

Pengertian Docker pada CorelDraw

Open Dockers

Open Dockers di CorelDraw

Open Docker dengan Klik Window, Dockers dan pilih View Manager. View window Manager akan muncul, menempel pada sisi kanan layar Anda.

Collapse Docker

Collapse Dockers CorelDraw

Klik pada Collapse Docker panah ganda di pojok kiri atas dari jendela Docker. Untuk mengembalikan jendela ke ukuran penuh, klik pada simbol panah ganda, atau di mana saja pada tab window Docker.

Mengubah ukuran Jendela Docker

Mengubah Ukuran Jendela Dockers

Posisikan mouse Anda ke tepi luar dari jendela Docker. Kursor akan berubah menjadi tanda panah ganda di tempat yang tepat. Klik dan tarik ke ukuran yang diinginkan. Lepaskan tombol mouse.

Mengubah Posisi Docking

Mengubah Posisi Docking

Klik pada tepian dari jendela Docker dan tarik ke bagian atas atau bagian bawah layar. Seperti Anda menyeret Docker, perhatikan bagaimana tepian abu-abu dalam bentuk persegi akan muncul. Lanjutkan menyeret sampai outline muncul di tempat di sepanjang tepi Anda ingin menempelkan docker. Outline akan membuatnya lengket dengan bentuk baru ketika diletakan. Lepaskan mouse, dan Docker tersebut menempel pada sisi baru. Dockers di bagian tepi atas atau bagian bawah layar akan lebih luas dibandingkan yang lama ketika terbuka, dan ini akana mengambil banyak ruang kerja.

Melepaskan Docker Window

Melepas Docker Window

Klik dan tarik Window Docker ke tengah area kerja Anda. Sebuah garis persegi akan muncul pada layar Anda. Lepaskan mouse Anda di mana Anda ingin menempatkan Window Docker. Anda dapat memindahkan “undocked” Docker kapan saja dengan mengklik dan menyeret. Docker tetap di tempat yang sama ketika Anda mengubah tingkat zoom Anda. Anda juga dapat meminimalkan sebuah “undocked” Docker.

Multiple Dockers

 Multiple Dockers

 

Buka Window Docker yang Anda perlukan. Tarik Dockers ke tepi yang ingin anda tampilkan. Anda dapat menarik beberapa Dockers ke dalam ruang yang sama. Meskipun diminimalkan, mereka tidak memakan banyak ruang layar. Percobaan dengan menempatkan Dockers di lokasi yang berbeda untuk menemukan kombinasi terbaik untuk akses cepat ke fungsi dan ruang kerja yang wajar dan nyaman bagi Anda.

 

 

 

Dede Iskandar
 Lahir di Bogor 1992,
Menyukai  Desain Grafis sejak SMA, hobby Volly Ball, Tenis Meja dan Bermain Gitar
Motto : Berani Untuk Mencoba dan yakin Allah Akan Membantu
Penulis dapat dihubungi via:
Facebook :  Darkan De
Email : 13boken13@gmail.com
Blog : http://www.13boken13.wordpress.com , http://www.kelasdesain.com

Leave a Reply