Desain Grafis… ?? Tumbuhan Apa Lagi Itu??

 

Hey hey heeeyyy… gimana kabare bro…?

Kali ini raden mas gincu pingin memberi sedikit penjelasan tentang apa itu desain grafis?.. untuk apa desain grafis?

Tiap hari sering banget kita dengar sama yang namanya “Desain Grafis”. Tapi sebetulnya kamu tahu gak sih pengertian dan arti dari desain grafis itu sendiri? Desain grafis adalah sebuah seni dalam berkomunikasi.

Sebenernya, tanpa kita sadari desain grafis itu dapat dengan mudah ditemui di mana-mana dalam kehidupan sehari-hari kita. Misalnya: brosur, surat kabar, surat-surat tagihan, kartu kredit, tagihan listrik, uang, halaman Facebook, twitter, BBM, di iPad, iklan majalah, billboard, rambu lalu lintas, logo, pada papan nama restoran, pada bungkus permen, pada kartu nama, dan lain-lain.

Semua itu adalah wujud desain grafis yang sering dijumpai. Jadi, tanpa kita sadari kita sebenarnya itu sudah tau wujud dari desain grafis.
Oke, biar temen-temen tahu arti dari desain grafis sesungguhnya dan untuk lebih jelasnya monggo dilihat artikel di bawah ini……..
Semoga Bermanfaat……….

PENGERTIAN DESAIN GRAFIS

Desain grafis itu adalah seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual. Desain Grafis berasal dari 2  kata yaitu Desain dan Grafis, kata desain berarti proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang.

Sedangkan grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi dengan demikian desain grafis adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar.

Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak dan desain interaksi.
Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.

Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.

Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi (proportion) dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.

gimana? paham? :v