Desain Grafis Dan Unsur-unsurnya

Kali ini saya akan berbagi ilmu kepada anda semua apa itu pengertian dari desain grafis dan apa saja konsep-konsep dalam desain grafis.

 

Desain Grafis berasal dari dua kata yaitu Desain dan Grafis, kata Desain berarti proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Sedangkan Grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi dengan demikian Desain grafis ialah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bias menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar.

 

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).

 

UNSUR DESAIN GRAFIS

 

  1. Garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lain
  2. Bentuk adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar
  3. Tekstur adalah tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba
  4. Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya
  5. Ukuran adalah unsur dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek
  6. Warna merupakan unsur penting dalam obyek desain. Karena bisa menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk bentuk visual secara jelas

 

Demikian Pengertian dan konsep – konsep dalam dunia desain grafis, semoga bermanfaat.