Desain Grafis adalah Seni dalam berkomunikasi

desain-komunikasi-visual

 

Desain grafis adalah seni dalam berkomunikasi, baik itu untuk menyampaikan sesuatu, mengkritik atau mempengaruhi orang terhadap suatu hal, menjelaskan sistem yang rumit atau mendemonstrasikan suatu proses. Dilain kata, kamu memiliki pesan untuk disampaikan. Tetapi, bagaimana kamu menyampaikan pesan tersebut? Dengan menggunakan media visual seperti poster, surat, membuat logo bisnis, majalah, cover album, bahkan dengan membuat hasil cetakan dari komputer. Kamu telah menggunakan sarana komunikasi visual yang disebut sebagai desin grafis.

Desain grafis adalah proses kreatif yang memadukan seni dan teknologi untuk menyampaikan sebuah ide. Para desainer bekerja dengan beragam alat komunikasi untuk menyampaikan pesan dari klien kepada audience yang dituju. Komponen utamanya adalah gambar dan tulisan

  1. Gambar sebagai basis desain

Desainer menggunakan gambar untuk menyampaikan ide kliennya sebagai alat komunikasi. Gambar bisa menjadi media yang kuat dan menarik sebagai alat komunikasi. Tidak hanya mampu menyampaikan informasi tetapi juga mood dan emosi.Orang menanggapi gambar secara naruliah berdasarkan kepribadian mereka, asosiasi dan pengalaman sebelumnya.

Sebagai desain yang memusatkan pada gambar, maka gambar harus mampu membawa seluruh pesan dan seidkit kata-kata untuk menunjang tersampainya sebuah pesan. Gambar bisa dalam bentuk foto, lukisan, sketsa atau grafik yang diolah sedemikian rupa. Bagi desiner gambar memang bernilai seribu kata.

  1. Tulisan sebagai basis desain

Dibeberapa kasus desainer menggunakan banyak kata untuk menyampaikan pesan, tetapi menggunakan kata-kata yang berbeda dari bentuk kata yang biasanya ditulis oleh para penulis. bagi desainer bentuk tampilan kata sama pentingnya dengan artinya. Bentuk visual dari huruf yang didesain dari komputer atau huruf buatan tangan, memberikan banyak fungsi komunikasi. Desainer sangat mahir menyajikan informasi dalam bentuk visual di media cetak atau film.

  1. Gambar dan Tulisan

Kadang desainer mengkombinasikan gambar dan text untuk mengkomunikasikan pesan dari klien kepada audience. Mereka menggali kreativitas untuk menggabungkan kata dan gambar, selain itu mereka juga harus menjaga keseimbangan komposisi antara keduanya.

Desainer adalah penghubung antara klien dan audience. Desain grafis belajar bagaimana cara menyusun pesan dan bagaimana cara menyampaikannya dengan sukses. Mereka bekerja sama dengan client untuk memahami konten dan tujuan dari pesan. kadang, mereka juga berkolaborasi dengan pasar untuk mengetahui kebiasaan dari konsumen. Ketika suatu konsep desain telah dipilih, desainer bekerja dengan ilustrator, fotografer, penyusun huruf, dan percetakan untuk menghasilkan sebuah produk.

  1. Simbol, logo, dan logotypes

Simbol dan logo adalah desain khusus sebagi bentuk tanda pengenal. Simbol adalah bentuk interpretasi abstrak dari sebuah identitas yang mewakili sebuah konsep atau perusahaan tertentu. Logotypes adalah susunan kata atau huruf khusus yang menunjukkan identitas suatu perusahaan. Dalam rangka untuk menciptakan ketiga hal ini, maka desainer harus memiliki visi yang jelas dari perusahaan atau ide yang dapat diinterpretasikan oleh audience sasaran.

 

Original Post : http://www.idseducation.com