Definisi Tentang Warna

Pada dasarnya warna adalah suatu mutu cahaya yang dipantulkan dari suatu objek ke mata manusia. Hal ini menyebabkan kerucut-kerucut warna pada retina    bereaksi, yang memungkinkan timbulnya gejala warna  pada objek-objek yang dilihat sehingga dapat mengubah persepsi manusia.

  • Skema Dasar Warna

                 

Warna primer                         Warna sekunder                       Warna tersier     warna dasar dalam               campuran dari warna             campuran dari warna ilmu pewarnaan dan             primer yang menjadi              primer dan warna  desain grafis                        warna ba                               sekunder

Karakter Warna

Warna panas / warm color                             Warna dingin / cool color
yang termasuk warna panas adalah               adalah kelompok biru atau hijau yang keluarga merah yang memiliki sifat dan         memiliki sifat dan pengaruh sunyi,     pengaruh hangat atau menyenangkan           tenang,makin tua makin gelap arahnya   merangsang dan bergairah             makin tenggelam dan depresi

  • Harmoni Warna

                        

monochromatic                   complementary                         analogous

                          

triadic                             split complementary                    tetradic

MONOCHOROMATIC

Skema warna monochormatic menggunakan variasi ringan dan saturasi dari satu warna. Skema ini terlihat bersih dan elegan.

COMPLEMENTARY

Warna yang berlawanan satu sama lain pada roda warna. Seperti warna ungu dan kuning, biru dan orange atau merah dan hijau. Skema warna komplementer ini memiliki kontras warna yang sangat kuat. Sangat cocok di gunakan sebagai warna latar belakang dan teks.

ANALOGOUS

Skema warna analog menggunakan warnawarna yang bersebelahan pada roda warna. Skema warna analog sering ditemukan di alam, mereka harmonis dan enak dipandang.

TRIADIC

Skema warna triadic menggunakan tiga warna dari tiga spasi warna dari warna yang digunakan.

SPLIT COMPLEMENTARY

Skema warna split-komplementer adalah variasi warna pada roda warna dengan dua skema warna disamping kanan kiri warna komplementer-nya.

TETRADIC

Tetradic (double komplementer) Skema adalah yang paling beragam karena menggunakan dua pasang warna komplementer.

Skema warna yang kaya ini menawarkan banyak kemungkinan variasi. Skema warna Tetradic bekerja terbaik jika Anda membiarkan satu warna dominan.