Custom Lettering di AI (Adobe Illustrator)

Di tutorial kali ini, saya akan coba berbagi proses pembuatan custom lettering di Adobe Illustrator. Custom lettering/hand lettering adalah pembuatan karya tipografi dengan menggunakan sketsa atau hand drawing. Custom lettering dapat digunakan dalam banyak hal, baik itu logo, t-shirt design, poster, dan karya-karya lainnya. Sekarang langsung saja kita masuk kedalam tutorialnya.

letter-1
Step 1
Proses dimulai dengan sketsa. Saya terbiasa membuat sketsa kasar untuk membentuk anatomi huruf yang saya inginkan. Proses sketsa tiap-tiap orang bisa berbeda, tergantung kepada kenyamanan dan kebiasaan masing-masing.

01_lettering-tutorial
Step 2
Selanjutnya, saya mulai memberi outline hasil sketsa pensil tadi seperti gambar dibawah.

02_lettering-tutorial
Step 3
Scan atau foto hasil sketsa, masukkan kedalam Adobe Illustrator.

03_lettering-tutorial

Step 4
Selanjutnya saya buka layer palette di Illustrator. Double click pada Layer 1 maka akan muncul layer options. Contreng pada bagian template, kemudian isi kolom dim image to menjadi 30 %, jika sudah klik Ok.

04_lettering-tutorial

Step 5
Layer tadi sudah kita fungsikan sebagai template. Selanjutnya, kita akan membuat layer baru dimana proses tracing hasil sketsa akan kita lakukan disana.

05_lettering-tutorial
Step 6
Saya mulai melakukan tracing menggunakan Pen tool (p). Jika kamu belum terbiasa dengan Pen tool, kamu bisa membaca panduan lengkap menggunakan Pen tool disini.

06_lettering-tutorial

07_lettering-tutorial

08_lettering-tutorial
Step 7
Setelah melakukan tracing, saya mulai memperbaiki huruf satu persatu. Perbaikan saya lakukan seperti pada ketebalan, kerning, tinggi huruf, dll. Disini prosesnya lebih kepada memperbaiki bentuk dan bagaimana membuat semua huruf menjadi satu kesatuan.

09_lettering-tutorial

 

10_lettering-tutorial
Step 8
Jika sudah, seleksi semua huruf lalu klik Unite di pathfinder palette (lihat gambar dibawah).

12_lettering-tutorial
Step 9
Sekarang ubah warna huruf menjadi abu-abu. Kemudian buka Appearance palette lalu klik pada list icon dibagian sudut kanan atas dan pilih Add New Fill.

13_lettering-tutorial
Step 10
Tarik fill (warna hitam) yang baru saja ditambahkan tepat dibawah content.

14_lettering-tutorial
Step 11
Pastikan fill hitam dalam keadaan terseleksi, kemudian pilih Effect > Path > Offset Path. Isi kolom-kolom pada offset path seperti gambar dibawah dan klik ok jika sudah selesai.

15_lettering-tutorial
Step 12
Klik kanan pada objek lettering lalu pilih ungroup. Kemudian seleksi bagian berwarna hitam lalu klik Unite pada pathfinder palette.

16_lettering-tutorial
Step 13
Klik kanan pada background lettering berwarna hitam lalu klik Release Compound Path. Kemudian Klik Unite sekali lagi pada pathfinder palette.

17_lettering-tutorial
Step 14
Hasil pembuatan offset path tadi masih belum sempurna, saya memperbaiki beberapa bagian yang kurang menarik seperti terlihat pada gambar dibawah.

18_lettering-tutorial

19_lettering-tutorial
Step 15
Saya membuat kopian background berwarna hitam tadi dengan menariknya sedikit kebawah sambil menahan tombol Alt. Dan untuk memberi kesan dimensional pada artwork ini, saya memperbaiki beberapa bagian dan menambahkan beberapa shape baru. Jika sudah, seleksi semua objek berwarna hitam lalu klik Unite pada pathfinder palette.

20_lettering-tutorial

22_lettering-tutorial
Hasil Akhir

23_lettering-tutorial

Berikut adalah hasil akhir dari tutorial Illustrator kali ini, mudah-mudahan ada manfaatnya. Buat yang jago gambar pasti bisa membuat custom lettering yang lebih menarik dari ini. Buat yang belum jago (seperti saya), semakin sering berlatih semakin baik. Semoga bermanfaat! 🙂

 

sumber : internet