coreldraw membuat ikon 3D

langkah 1.

Buat lingkaran menggunakan Ellipse Tool (F7). Tahan Ctrl, dan seret di ruang gambar sampai ukuran yang kalian inginkan. Kemudian pindahkan objek ke tengah atau pusat halaman dengan menekan huruf P pada keyboard. Kemudian Isi lingkaran dengan warna apapun.

http://www.tutorialdesaingrafis.com/
Buat lingkaran lain. Ulangi langkah sebelumnya tetapi dengan ukuran lebih kecil dari lingkaran pertama dan mengisinya dengan warna yang berbeda dari lingkaran yang pertama.
http://www.tutorialdesaingrafis.com/langkah 2
Pilih kedua lingkaran, dengan menekan Shift dan klik kedua lingkaran. Atau kalian dapat melakukannya dengan menyeret sekitar lingkaran. Metode ini dikenal sebagai Memilih Marquee. Gunakan pilihan Back Minus Front untuk memotong bagian lingkaran pertama sebesar lingkaran kedua.
http://www.tutorialdesaingrafis.com/Sekarang melihat bisa melihat melalui lingkaran. Jangan membuat bentuk persegi panjang berwarna biru, ini hanya untuk membuktikan bahwa lingkaran sudah terpotong.
http://www.tutorialdesaingrafis.com/Sekarang membuat lingkaran lain dengan ukuran yang lebih kecil, kemudian letakkan di belakang bentuk lingkaran pertama dengan menekan Shift + PageDown. Tekan huruf P pada keyboard supaya lingkaran kecil berpindah ke tengah atau pusat halaman
http://www.tutorialdesaingrafis.com/Ubah ukuran lingkaran dalam sedikit lebih kecil supaya lebih dekat ke tepi bagian dalam lingkaran besar. Jangan lupa untuk menahan tombol Shift saat ukuran mengubah ukuran lingkaran supaya tetap di pusat.
http://www.tutorialdesaingrafis.com/
langkah 3
Pada langkah ini, kita akan belajar bagaimana untuk mengisi warna menggunakan Fountain Fill.
Pilih bentuk lingkaran besar atau bagian luar dan buka opsi Fountain Fill (kalian dapat menggunakan F11 shortcut).
http://www.tutorialdesaingrafis.com/Pada opsi, ubah Type ke Radial. Kemudian ubah Color blend ke Custom. Kemudian atur warna seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Abaikan bagian Position.
http://www.tutorialdesaingrafis.com/tekan ok dan G untuk mengaktifkan interaktif fiil tools
http://www.tutorialdesaingrafis.com/Kita akan ubah posisi warna ini. Seret penanda tepat di atas warna ke lokasi baru. Aturlah seperti yang ditunjukkan gambar di bawah ini. Atau gunakan kreatifitas kalian.
http://www.tutorialdesaingrafis.com/Sekarang, kita akan mengisi warna lingkaran bagian dalam. Pilih lingkaran bagian dalam kemudian buka opsi Fountain Fill (F11). Ubah Type ke Radial. Gunakan paduan dua warna untuk isi warnanya.
http://www.tutorialdesaingrafis.com/sekarang klik ok
http://www.tutorialdesaingrafis.com/langkah 4
Pada langkah ini, kita akan belajar bagaimana menggunakan 3D Tool.

Klik bentuk lingkaran besar. Pada toolbox, klik Extrude Tool. Seret objek untuk mengatur arah dan kedalaman ekstrusi. Atur parameter pada property bar seperti yang ditunjukkan gambar di bawah ini. Kemudian hentikan menggunakan Extrude Tool dengan menekan Command + K, sehingga sekarang kita dapat mengubah warna bagian dalam

http://www.tutorialdesaingrafis.com/jika kita memperbesar gambar akan tidak tersesisi
http://www.tutorialdesaingrafis.com/
Kita akan memperbaikinya dengan memperbesar ukuran bentuk cincin kecil (kita menyebutnya bentuk cincin). Bentuk cincin tepat berada di depan bentuk lingkaran dalam.
http://www.tutorialdesaingrafis.com/
Kembali dan tekan Shift + F4 (tampilan berpindah ke halaman penuh). Pilih bentuk cincin kemudian gunakan Fountain Fill (F11) dan set up seperti yang ditunjukkan gambar di bawah ini. klik OK
http://www.tutorialdesaingrafis.com/tekan G kemudian atur interacip shadow untuk menangani seperti contoh di bawah
http://www.tutorialdesaingrafis.com/langkah 5
Pada langkah ini kita akan belajar membuat Bevel Effect.

Tekan F4 untuk memperbesar ke semua objek, kita akan melakukan langkah mendetail sehingga kita membutuhkan close up shot! Buat lingkaran dekat dengan tepi bagian dalam bentuk lingkaran besar, kemudian tekan P untuk memindahkannya ke tengah halaman.

http://www.tutorialdesaingrafis.com/buat lingkaran lain tepat di tepi bagiandari bentuk lingkaran besar
http://www.tutorialdesaingrafis.com/klik kedua lingkaran baru lalu klik back minus font
http://www.tutorialdesaingrafis.com/
Menggunakan Transparance Tool, tarik pilihan objek untuk menangani seperti yang ditunjukkan gambar dibawah di bawah ini
http://www.tutorialdesaingrafis.com/

http://www.tutorialdesaingrafis.com/langkah 6
Sekarang kita akan mengubah warna bentuk lingkaran kecil untuk membuatnya lebih kontras. Lakukan saja seperti yang kita lakukan pada Langkah 3 dengan posisi warna yang berbeda.
http://www.tutorialdesaingrafis.com/
Tekan G untuk mengatur Interactive Fill Tool seperti contoh di bawah
http://www.tutorialdesaingrafis.com/langkah 7
Kami akan belajar bagaimana menggunakan Interactive Drop Shadow Tool.
Pilih bentuk cincin dan klik tombol Interactive Drop Shadow Tool, kemudian klik dan drag secara diagonal dari pusat ke sisi kanan bawah. Dan mengatur parameter pada property bar seperti yang ditunjukkan gambar di bawah ini.
http://www.tutorialdesaingrafis.com/langkah 8
Buat lingkaran baru di mana saja kalian inginkan dan isi dengan warna apapun. Klik tombol Interactive Drop Shadow Tool, kemudian tarik sedikit ke bawah secara vertikal dari bawah lingkaran. Kemudian mengatur property bar seperti yang ditunjukkan gambar di bawah ini.
http://www.tutorialdesaingrafis.com/Sekarang pisahkan kelompok drop shadow dengan menekan Command + K. Kemudian pilih lingkaran baru kemudian hapus lingkaran baru tersebut. Sisakan drop shadow yang telah kita buat.
http://www.tutorialdesaingrafis.com/
Pilih bayangan dan tekan (Shift + Pagedown) supaya berpindah ke bagian belakang ikon 3D.
http://www.tutorialdesaingrafis.com/buatlah baground dengan menambahkan gambar gradien supaya terlihat keren
http://www.tutorialdesaingrafis.com/