Cara Membuat Undangan di CorelDRAW

Selamat pagi pembaca yang budiman, pada pagi yang cerah ini saya akan membagikan tips dan trik untuk membuat undangan pernikahan. Nih cocok banget buat kamu yang akan married dan sedang mencari referensi untuk membuat undangan ehm.

 

Cara membuat undangan pernikahan :

  1. Sekarang teman teman buka Coreldraw, dan tekan CTRL + i untuk meng- import salah satu vector didalamnya.

screenshot Tutorial Ilmugrafis

  1. Langkah selanjutnya teman teman membuat kotak menggunakan Rectangle Tool (F6)
    screenshot Tutorial Ilmugrafis
  2. Agar undangan pernikahan mu semakin cantik, secantik calon istrimu *eh. Sekarang masukkan Gambar bermotif bunga dengan cara cepat yaitu tekan CRTL + i.
    screenshot Tutorial Ilmugrafis
    Langkah selanjutnya teman teman menyeleksi Ornament bunga yang ada pada Vector Awal , lalu Klik : Effect => Power Clip => Place Inside Container dan klik kotak yang telah dibuat.

Klik Interactive Transparency Tool untuk menambahkan efek transparansi pada Ornament bunga Warna Putih
screenshot Tutorial Ilmugrafis
Kemudian teman teman tarik garis Transparency dari kiri atas ke kanan bawah. Selanjutnya gabungkan dengan kotak yang telah dibuat, dengan cara effect => Powerclip => Place Inside Container posisikan di kiri atas yah.

Nah ini dia background undangannya sudah jadi cantikkan, secantik calon istrimu boy wkwk
screenshot Tutorial Ilmugrafis

  1. Sekarang kita move on dari pembuatan background yang cantik tadi, beralih pada pembuatan cover luar undangan guys. Sekarang teman teman bisa menambahkan Vector Love dan vector love tersebut beri beberapa sayap sayap manja yang diambil dari floral – floral vector yang lain.
    Teman teman bisa menempatkan vektor love di kanan atas lalu berikan efek Drop Shadow dengan menggunakan Interactive Drop Shadow Tool agar vektor love semakin indah. Dengan cara mengklik vektor love geser hingga muncul shadow.
    screenshot Tutorial IlmugrafisNah seperti inilah hasil vektor love yang telah di beri shadow
    screenshot Tutorial Ilmugrafis
    screenshot Tutorial Ilmugrafis

Kemudian teman teman beri tulisan yang di butuhkan pada undangan tersebut
screenshot Tutorial Ilmugrafis

Langkah selanjutnya copy background ke samping kanan dan beri sedikit tulisan.

screenshot Tutorial Ilmugrafis
[Klik Gambar untuk memperbesar tampilan]
Dari sini telah jadi cover luar, begitupun juga pada cover dalam (baliknya) saya hanya menggandakan cover luar dengan perinta Copy dan Paste Cover Luar lalu saya balik posisinya.

  1. Nah cover bagian luar undangan telah jadi, sekarang waktunya teman teman membuat cover bagian dalam undangan. Berikan kotakan putih transparan, kenapa harus transparan? agar orang bisa jelas saat membaca tulisan yang ada di undangan.
    Sekarang teman teman buat kotak pada area yang ingin diberikan teks menggunakan Rectangel Tool , Klik Pallete warna White (Putih) agar kotak yang kita buat berwarna putih, Lalu berikan klik Effect >> Lens >> pada Setting pilih Transperacy. Atur transparency hingga 10% atau sesuka hati anda.
    screenshot Tutorial Ilmugrafis
    Langkah terahir guys, tambahkan teks untuk undangannya ukuran fots disesuaikan yah gunakan jenis font yang tidak biasa agar undangan mu terkesan cantik.
    Taraaaaaaaaa undangan pernikahan telah jadi, teman teman bisa mencobanya sendiri
    screenshot Tutorial Ilmugrafis

 

 

 

sumber : http://www.ilmugrafis.com/coreldraw_free.php?page=membuat-undangan-nikah-dengan-cepat