Tracing adalah salah satu hal yang sangat wajib kudu mesti dilakukan oleh seorang desainer grafis, tapi apa jadinya, ketika kita harus tracing gambar yang banyak? Pasti harus ada yang membuatnya mudah.

Gambar yang ditrace menjadi tajam, dan bisa dipakai untuk keperluan mencetak skala besar seperti baliho atau spanduk. Tapi ada caranya kah yang membuat cepat?

Jawabannya, memang ada yang mudah, tapi itu sama sekali tidak dianjurkan, karena hasilnya akan kurang maksimal, tapi tak apa, untuk sekedar pengetahuan, mari kita lanjutkan.

CorelDRAW mempunyai fitur yang disebut dengan Trace Bitmap, dengan fitur ini, kita bisa tracing secara otomatis, tapi ada syarat untuk menggunakannya agar hasil yang didapat tetap prima, tapi sebelum itu, kita cari tahu dulu bagaimana cara menggunakannya.

Pertama, kita harus memiliki gambar, aku sudah menyiapkan gambarnya, yaitu logo yang kubuat.

Kemudian langsung saja klik Trace Bitmap, pilihlah apa yang akan kita pakai, aku biasanya menggunakan Outline Trace, tapi itu terserah, kemudian aku biasanya pilih Logo

Kemudian sebelum selesai akan muncul sebuah pop up, nah disinilah kita bisa mengatur sesuai keinginan kita, tapi pengaturan default biasanya yang terbaik, jadi tidak usah diutak atik.

Kemudian klik oke, maka sudah terconvert dari bitmap menjadi vector, dan disini kita bisa mengubah warna sesuka kita, tapi sebelum itu kita Ungroup gambarnya.

Selesai, warna sudah diganti sesuai keinginan kita.

***

 

Kelihatannya mudah dan lancar bukan? Memang fitur ini sangat membantu jikalau ada banyak file bitmap yang harus diconvert menjadi vector. Tetapi tetap saja fitur ini banyak kekurangan, pastinya lebih baik kalau kita sendiri yang tracing.

Nah bagaimana untuk mendapat manfaat maksimal dari Trace Bitmap ini? Ada beberapa syarat yang menurutku harus dipatuhi.

  1. Gambar usahakan adalah PNG, karena biasanya noise di PNG lebih sedikit.
  2. Tidak perlu Resolusi besar, tapi cukup, jika terlalu kecil tetap hancur.
  3. Usahakan warnanya sedikit atau satu obyek satu warna, jika gradasi / gambar foto = gagal total.

Menurutku itu saja rules yang harus dipatuhi untuk menggunakan fitur Trace Bitmap ini, semoga membantu menyelesaikan keinginan klien ya!

Sampai jumpa kembali di artikel ku yang lain!