Cara Print File Corel Draw Ukuran Besar Menggunakan Kertas A4

Bagi anda yang suka dengan hal yang baru dan sedikit unik dalam mencetak menggunakan printer ukuran A4 banyak cara yang bisa kita lakukan, salah satunya mengeprint dokumen atau file yang memiliki ukuran asli 2 meter x 1,5 meter menggunakan Corel Draw.

Salah satu yang bisa kita lakukan untuk mencetak file besar tersebut cukup simpel dan sederhana, hanya saja jumlah kertas yang akan digunakan cukup banyak, dan pastikan printer anda dalam kondisi prima dengan hasil cetak yang maksimal. Sayang kan apabila sudah 80% file tercetak namun terkendala oleh hasil print yang kurang maksimal. anda meski mengulangi lagi dari awal.

 

Langkah yang dilakukan sederhana namun hasil yang akan didapat akan lebih mengena karena hasil cetak tidak tergantung pada ukuran kertas A4 saja.

Buka aplikasi Corel Draw anda klik Ctrl + N / file > New  atur jadi Custom  , atur lebar & tinggi sesuai kebutuhan , bisa dalam mm, cm, meter, atau ukuran yang lainnya > ok

Selanjutnya masukan gambar yang akan kalian Print , tekan Ctrl + I / file > import > pilih gambar > ok

 

Ubah ukuran gambar sesuai dengan keinginan dan semaksimal mungkin, tekan Shift dan tarik  untuk memperbesar gambar. Tombol Shift di tahan dengan tujuan agar gambar yang kita perbesar mempunyai pebandingan yang sama.

Berikutnya tekan menu print pada tampilan Corel Draw / Ctrl + P,

Atur menu layout > atur Reposition Image , ubah center of page menjadi Custom,

Centang  Print tiled page , centang juga Tiling marks, kemudian klik Print Preview untuk melihat gambar yang akan kita cetak.

 

 

Banyaknya kertas yang akan digunakan tertera pada gambar berikut

Setelah diarsa pas dan cocok silahkan lakukan proses printing dengan klik icon print dan close apabila anda ingin kembali ke menu awal Corel draw.

Kurang lebih seperti itu cara untuk mencetak gambar ukuran 2 meter x 1,5 meter

Semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat, dan selamat berkreasi, janagan takut untuk mencoba.