Cara Mudah Membuat Layout Sederhana Dalam Indesign

Sumber: http://www.desainstudio.com/2012/01/membuat-layout-sederhana-dengan.html

Asalammualaikum wrwb. ini adalah artikel ke 2 saya di kelasdesain.com dalam tema membuat layout sederhana dalam Indesign, yuk simak aja.

  1. Buka New Document di menu file. Pada jendela “New Document” kamu bisa mengatur ukuran kertas/ bidang kerja yang kamu perlukan. Secara default, InDesign menampilkan ukuran dalam satuan “picas (p0)”, untuk mengubah ke dalam ukuran lain cukup ketikkan ukuran tersebut lengkap dengan jenis ukurannya (mis : 32 cm), In Design akan otomatis mengubahnya ke dalam satuan p0 kembali (tenang, kamu bisa ubah semua settingan ukuran ini ke dalam cm nanti).

  1. Ubah jenis settingan ukuran, cukup klik kanan di atas rules dan samping kanan, lalu pilih ukuran yang kamu inginkan

  1. Step ketiga yaitu mengatur layout dasar seperti di bawah ini, Nomor Halaman dan Peletakan Header/Footernya. Lalu klik menu pages, double klik di Menu Master. Sebagai catatan Menu Master adalah lembar default untuk seluruh dokumen yang kamu buat, mudahnya, apapun yang kamu ketikkan/ input (baik tulisan, gambar maupun settingan margin) akan tampil di setiap halaman kerja.

  1. Oh iya di step ketiga pastikan untuk mengatur margin harus berada di laman master page dan non aktifkan (klik) ikon link untuk input ukuran yang berbeda.

Membuat header/footer cukup tuliskan teksnya aja dengan klik (text) lalu drag untuk membuat area textnya. (kamu harus membuat dragnya terlebih dahulu). Jika Header/Footer kamu berupa gambar, kamu dapat memasukkannya dengan cara mengcopy gambar tersebut dari Adobe Illustrator, dsb. atau Ctrl+D untuk mengambil gambar dari file di komputer.

  1. Lalu Input Page Number, masukan text dengan cara mendragnya, (ketik 1 huruf apapun) select huruf tersebut. Klik kanan maka akan muncul menu baru. Pilih menu insert special characters/markers/current pages number. Maka apapun huruf yang kamu ketikkan tadi akan berubah menjadi huruf “A”. Hal ini disesuaikan dengan judul Master Page (A-Master). Copy Page Number yang telah di set tadi ke halaman sebelahnya (di dalam Master Page terdapat dua halaman Master).
  2. Jika semua master sudah di set, berikutnya double klik 1 lembar (lembar kerja). Di lembar inilah kita bisa memasukan text input dan gambar.

  1. Klik Text (T) lalu drag untuk membuat area teks yang diperlukan, ketik teks kamu (dalam contoh ini Saya menyesuaikan area text dengan layout yang sudah di buat sebelumnya)

  1. Untuk mengatur paraghraph buka windows/type/table atur paragraph yang kamu inginkan

  1. Jika tulisan kamu terpotong di ujung column, tanda Overset Text akan muncul. Klik tanda tersebut hingga muncul preview teks kecil di cursor kamu. Arahkan kursor tersebut ke column sebelahnya dan klik, otomatis tulisan yang terpotong akan dilanjutkan.

  1. Jika ingin menambah page, klik di menu Create new page. Lanjutkan tulisan kamu di page lanjutan ini. Hey! coba perhatikan, Page Number yang kamu set di Master Page tadi kini muncul secata continue. begitu juga Header/Footer yang telah dibuat.

  1. Sebelum file disimpan, perhatikan tanda preflight panel di sudut kiri bawah bar Jendela Indesign. Tanda ini akan berwarna merah jika masih ada error di dalam dokumen yang kita buat. Error disebabkan masih adanya link file yang missing di dalam file yang kita input atau adanya area text yang terpotong (overset text).

  1. Nah di tahap terakhir coba kamu simpan file dokumen dalam format Indesign (.innd) untuk melanjutkan dilain hari atau simpan dalam pdf jika sudah selesai.

Wassalammualaikum wrwb