Cara Mudah Membuat Kartu Nama dengan CorelDRAW

0
426
  1. Buka CorelDraw, lalu buka lembaran baru dengan CTRL + N, dan setting ukuran lembaran kerja dengan ukuran standar kartu nama yaitu Width : 9 cm dan Height : 5,5 cm.
    1
  2. Selanjutnya klik Rulers atau penggaris lalu tahan dan geser maka akan menghasilkan garis putus-putus,, garis tersebut letakkan ke posisi seperti pada gambar,, setiap sisi lembar kerja berjarak 0,4 cm. Perhatikan tanda panah pada gambar.
    2
  3. Klik 2 kali pada Rectangle Tool, maka akan menghasilkan sebuah kotak yang mengikuti ukuran lembar kerja. Perhatikan gambar..
    3
  4. Kemudian pilih Fountain Fill dengan menekan tombol F11 pada keyboard untuk memberi warna gradiasi. dan setting seperti gambar berikut.
    4
  5. Hasil sementara seperti gambar dibawah ini,, untuk menghilangkan garis tepi berwarna hitam dengan cara klik kanan pada color pallete,, lihat lingkaran merah..
    5
  6. Selanjutnya dengan menggunakan Rectangle Tool (F6) buat kotak dan posisikan diatas lembar kartu nama, lalu copy paste kotak tersebut ke posisi bawah kartu nama, kemudian beri warna biru agak gelap, perhatikan lingkaran merah.
    6
  7. Berikutnya buat kotak lagi dengan menggunakan Rectangle Tool (F6) dan posisikan di samping kiri kartu nama, perhatikan gambar..
    7
  8. Selanjutnya pilih Shape Tool (F10) untuk membentuk objek. Lebih jelasnya lihat gambar.
    8
  9. Kemudian beri warna biru agak gelap dengan color pallete.
    9
  10. Selanjutnya buat lagi kotak menggunakan Rectangle Tool dan posisikan di depan lekukan yang telah kita buat tadi. Lihat gambar.

10

  1. Kemudian bentuk objek sama seperti pada point ke 8 dan beri warna biru..
    11
  2. Selanjutnya beri sedikit variasi, Nah.. pada langkah ini kita telah selesai membuat Template untuk kartu nama yang kita inginkan.
    12
  3. Setelah itu tinggal kita tambahkan tulisan sesuai keinginan dan mungkin juga ingin menambahkan gambar,, seperti pada gambar dibawah.
    13
  4. Kartu nama telah jadi, selanjutnya kita print,, dengan cara tekan CTRL+N untuk membuat lembar kerja baru dengan ukuran kertas A4..
    14
  5. Selanjutnya kembali lagi ke kartu nama yang telah kita buat, Drag seluruh kartu nama.. untuk lebih gampangnya, tekan CTRL+A lalu Copy Paste ke lembar A4. Lihat pada gambar.
    15
  6. Kemudian tekan ALT+F7, maka akan muncul Transformation Position, untuk menduplikatkan secara horizontal ke sebelah kanan dengan cara centang kotak kecil yang di beri lingkaran warna merah lalu klik Apply.
    17
  7. Untuk menduplikatkan ke bawah, drag seluruhnya atau tekan CTRL+A lalu beri centang kotak kecil yang diberi lingkaran merah dan setting seperti pada gambar dibawah lalu klik Apply..

18

selanjutnya kartu nama siap di print.

http://www.andydesain.com/2013/11/cara-mudah-membuat-kartu-nama-dengan.html

Leave a Reply