Cara Mudah Membuat Efek Hujan Pada Foto di Photoshop

1) Seperti biasa, buka terlebih dulu program Photoshop kemudian buka foto yang akan di edit dengan cara pilih File – Open – pilih foto yang akan di edit – Enter atau bisa langsung tekan CTRL + O. Jika foto asli tidak ingin dirubah maka lebih baik duplikat dulu foto yang telah di buka ( Lihat langkah nomor 1 di sini

langkah-1

2) Ubah layer background menjadi layer 0 (Lihat langkah nomor 2 di sini)

3) Klik icon Add New Layer sehingga Layer bertambah menjadi 2 (Layer 0 dan Layer 1). Lihat gambar di bawah ini)

langkah-3

Setelah di klik Icon Add New layer, maka layer menjadi 2 yaitu Layer 0 dan Layer 1 ( Lihat gambar di bawah ini):

langkah-3b1

4) Fill Layer 1 dengan warna Black. Ada 3 cara untuk melakukan langkah ini yaitu:
Cara 1: Pilih menu EDIT – FILL (Cara cepat tekan SHIFT + F5) pada menu USE pilih tanda panah ke bawah kemudian pilih BLACK.

Cara 2: Jika Foreground sudah berwarna BLACK maka setelah EDIT – FILL pada menu USE pilih tanda panah ke bawah kemudian pilih FOREGROUND COLOR.

Cara 3: Jika Foreground sudah berwarna BLACK maka cara tercepat tidak perlu memilih menu EDIT – FILL tapi bisa langsung tekan ALT + DELETE pada keyboard.

(note: pastikan Layer yang aktif adalah Layer 1. Layer yang aktif ditandai dengan adanya warna blok abu-abu di sekitar layer. Jika yang aktif adalah Layer 0, maka klik saja di area Layer 1 untuk mengaktifkannya.)

Perhatikan gambar berikut:

langkah-4

5) Pilih FILTER – NOISE – ADD NOISE dan sesuaikan seperti pada gambar di bawah ini, kemudian kik OK

langkah-5

6) Pilih FILTER – BLUR – GAUSIAN BLUR kemudian atur besarnya radius 0,8 atau 0.8 seperti pada gambar di bawah ini, kemudian klik OK..

langkah-6

7) Pilih FILTER – BLUR – MOTION BLUR kemudian atur besarnya ANGLE dan DISTANCE seperti gambar di bawah ini, kemudian klik OK.

langkah-7

8) Ubah BLENDING MODE pada Layer 1 yang awalnya NORMAL menjadi SCREEN. Lihat gambar di bawah ini:

langkah-8

Setelah SCREEN mode di pilih maka akan menjadi seperti berikut:

blending-change
9) Nah setelah itu pilih IMAGE – ADJUSTMENT – LEVELS (CTRL + L) kemudian sesuaikan tingkat kecerahan ataupun kegelapannya sesuai keinginan, contohnya seperti berikut

langkah-9

sudah seperti hujankah? Nah, sebagai tips, agar efek hujan lebih terlihat nyata lebih baik memilih foto yang tidak terlalu Close Up.. 🙂

level

 

www.wordpress.com

 

Semoga bermanfaat, selamat mencoba dan sampai jumpa di posting selanjutnya.. ;))