Cara Mudah Membuat Efek Dispersion dengan Photoshop

0
251

Berikut ini adalah Cara Mudah Membuat Efek Dispersion dengan Photoshop. Bagi Anda pecinta tutorial photoshop, berikut akan saya berikan trik photoshop dari master photosopku dot net yang sudah terkenal tentang bagaimana Cara Membuat Efek Dispersion menggunakan Adobe Photoshop, berikut tutorialnya :

  1. Pastikan photoshop anda sudah teinstal dan terbuka dulu oke, lalu klik file>>New Document atau dengan menekan CTRL+N pada keyboard selanjutnya untuk pengaturan tinggi dan lebar resolusi samakn seperti terlihat pada gambar. Note: Ukuran kertas usahakan sama dengan tutorial.
  1. Buka objek gambar yang akan kita edit lalu drag pada document baru yang telah kita buat tadi, satukan gambar menjadi satu dengan meng-klik kanan pada layer objek lalu Flaten Image seperti terlihat pada gambar. Note : Untuk gambar usahan dengan objek dengan latar polos seperti contoh yang saya buat.
  1. Buat New Layer, atau dengan menekan CTRL+SHIFT+N pada keyboard lalu, ubah nama layer menjadi “brush” huruf kecil wajib di rubah.
  1. Gunakan Brush “Hard Round” pada layer brush seperti terlihat pada gambar dengan opacity 100%.
  1. Gosokan brush dengan warna bebas mau warna apapun, lalu gosokan pada bagian yang akan kita buat disperssion seperti terlihat pada gambar. (brush disini hanya untuk menseleksi bagian yang akan kita buat disperssion banyaknya hasil dispersi tergantung dari seberapa banyak yang kita seleksi.
  1. Nah saat kita mulai, buka Action atau dengan menekan F9 atau alt+F9 pada keyboard, lalu load action yang sudah kita unduh, seperti terlihat pada gambar ada 4 action photoshop, pilih salah satu yang kita inginkan. disini saya memilih yang RIGHT (kanan) agar hasil dispersinya lebih cenderung ke kanan. Lalu klik play (jangan lupa saat meng-klik play pastikan masih pada layer brush) tunggu hingga selesai. lama tidak nya proses action tergantung pada kinerja PC anda semakin bagus semakin cepat. Untuk Download klik disini!
  1. Selesai selanjutnya kreasikan sendiri, Hasil dispersi masih bisa kita ubah sesuai keinginan atau kita bisa menduplikasi beberapa hasil dispersi yang kita mau.
  1. Seperti ini hasil kreasinya :

Sumber : http://photoshopku.net

Leave a Reply