Cara Merubah Format File Agar Bisa Di Buka Pada Software Lain

Adobe Photoshop

Photoshop banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto. Photoshop mampu mengolah gambar bitmap yang berbasis pixel, dengan format, jpg, bmp, fit, dll. Photoshop juga banyak digunakan di perusahaan periklanan dan percetakan.

Corel Draw

Corel Draw adalah editor grafik vektor , Corel Draw [sama dengan adobe illustrator] lebih difokuskan untuk menghasilkan gambar berbasis vektor yang terdiri atas objek. contoh filenya seperti emf, svg, cdr dsb.

Adobe Illustrator


Jika ingin membuat illustrasi dengan geometris sederhana, warna gradasi yang tidak terlalu banyak variasi seperti Logo ataupun Kartun sebaiknya menggunakan program berbasis vector seperti Adobe Illustrator yang mengandalkan kesederhanaan bentuk.

Sedangkan Vector adalah Suatu format gambar yang disusun berdasarkan bentuk berbasis kordinat dengan tujuan meminimalisasi penggunaan tempat penyimpanan data

Adobe Illustrator (sama dengan Corel Draw) lebih difokuskan untuk menghasilkan gambar vektor yang terdiri atas objek-objek berdasarkan logika kordinat. Contoh filenya seperti eps, emf, svg, cdr dsb.

Adobe indesign

Adobe indesign merupakan salah satu software adobe yang
dikhusukan bagi desainer yang ingin berlayouter ria, didalam indesign
sendiri banyak terdapat tool – tool yang memudahkan kita dalam
membuat layout, baik itu koran, majalah, newsletter, maupun yang
lainnya, indesign merupakan software khusus bagian dari adobe yang
memiliki fitur lengkap.

Untuk memasukan file agar suport pada masing – masing  aplikasi baik Photoshop, Corel Draw, In Design, dan Adobe Ilustrator. Berikut format file yang meski anda ubah dalam penyimpanan agar bisa terbaca di aplikasi lain. EPS,PSD,PNG atau PDF merupakan file yang akan anda gunakan untuk menyimpan file  agar bisa anda gunakan di aplikasi lain, seperti  Photoshop, Corel Draw, In Design, atau Adobe Ilustrator.  Caranya mudah seperti anda menyimpan file biasa hanya format file nya saja yang meski anda ubah. Berikut gambaran tentang format yang bisa masuk pada masing – masing aplikasi / software.

Kurang lebihnya itu gambaran tentang format file yang bisa anda simpan agar bisa dibaca oleh software lain / aplikasi lain.

mungkin hanya ini yang bisa saya bagikan,  semoga bermanfaat …