Cara Menghapus Objek Dalam Foto dengan Photoshop

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit trik untuk menghilangkan objek dalam foto atau dengan kata lain kita dapat menghapus seseorang didalam foto. Caranya cukup mudah tetapi butuh kejelian dalam proses menghapus objek dalam foto karena trik kali ini tidak berlaku untuk beberapa kondisi tertentu dalam sebuah foto.

“Trik kali ini memanfaatkan tekstur sekitar objek / orang untuk diambil dan kemudian ditempel diatas objek / orang sehingga tekstur tersebut menutupi objek / orang yang membuat seolah-olah objek menghilang”.

Tekan CTRL + O atau klik File “Open” untuk membuka foto. Sebelum proses penghapusan objek izinkan saya sedikit menjelaskan teknik penghapusan yang akan saya berikan.

 

1

pilih foto yang diinginkan

2

Perhatikan foto yang saya pilih, tekstur yang saya gunakan untuk menutupi objek tersebut adalah background yang kosong. Dimana nanti background disekitar objek akan diduplikasi untuk ditempel diatas objek sehingga objek seolah menghilang. Foto ini memungkinkan kondisi tersebut, jika foto anda tidak memiliki tekstur yang tepat maka trik ini kurang cocok diterapkan pada foto anda.

Pilih patch tool pada toolbox, jika anda tidak dapat menemukan patch tool coba anda cari spot healing brush pada toolbox lalu klik kanan, maka patch akan muncul dalam kelompoh healing brush.

Pact tool (Shortcut (J)), digunakan untuk memperbaiki foto dengan cara memanfaatkan pola yang terdapat pada foto tersebut. Perbaikan dilakukan dengan menyeleksi kerusakan area kemudian menarik seleksi tersebut diatas pola target untuk menutupi area kerusakan.

3

Klik kiri TAHAN patch tool dimulai dari satu sisi lalu TARIK mengelilingi objek yang akan dihilangkan. Buat seleksi secara memutar, anggap saja anda memotong sebuah objek dari lembar majalah. Temukan titik awal dan titik akhir sehingga seleksi (garis putus-putus) akan terbentuk mengelilingi objek.

Untitled

Selanjutnya klik kiri dari tengah seleksi, tahan klik lalu bawa seleksi tersebut menuju tekstur target yang diinginkan. Pilihlah tekstur yang tepat untuk menutupi objek. Secara otomatis objek didalam foto akan menghilang ditutupi tekstur yang telah dipilih. Ulangi proses penarikan (pemilihan tekstur) jika hasil akhir masih kurang bersih / belum maksimal.

5

ini hasil akhirnya. semoga bermanfaat 🙂

7

Post By: Erna NS

ingin info lebih tentang desain grafis? kunjungi http://kelasdesain.com