Cara Menggunakan Extrude Tool Untuk Objek 2D

0
224

Cara menggunakan extrude tool untuk objek 2D – Bagaimana cara kita membuat pola bentuk 3D, pada dasarnya coreldraw diperuntukan design 2D, tapi dengan bantuan extrude tool kita bisa membuat objek seperti 3D. Silahkan pelajari tutorial dasar ini.

1. Buatlah objek berbentuk lingkaran dengan menggunakan ellipse tool (f7), buat lingkaran sempurna. anda bisa sambil menekan tombol  CTRL saat membuat pola lingkaran.

2. Supaya objek terlihat padat, silahkan warnai lingkaran tersebut dengan pola gradient. anda bisa menggunakan Fountain Fill (F11)

Pilih type Radial, karena kita akan memusatkan cahaya di tengah tengah. untuk masalah warna atur sendiri sesuai kebutuhn.

Hasilnya seperti ini

3. Lanjutkan dengan membuat pola tranparan pada objek (lihat tutorial dasar tranparasi), silahkan bentuk kebali lingkaran dan tambah dengan bentuk persegi, bentuk persegi kita gunakan untuk memotok objek dengan cara Trim. posisi persegi panjang harus ada di atas lingkaran.

Jika sudah benar, pilih kedua objek dan lakukan pemotongan dengan Trim.

Hasilnya akan seperti ini

4. Langkah berikutnya, anda bisa membuat pola sembarang dengan menggunakan Shape tool, lihat cara menggunakan shape tool

Hasil dari membuat pola sembarang, silahkan anda tempatkan di dalam lingkaran (diatas lingkaran), lalu buat efek transparan dengan Transparency Tool.

Tarik/drag efek transparan dari atas lingkaran ke arah dalam objek. ingat objek yang dipilih adalah objek sembarang, bukan objek lingkaran.

Jika anda lihat. masih terdapat garis pinggir pada efek transparan. anda bisa menghilangkannya dengan cara klik kiri pada palet warna, tepat di kotan X (lingkaran merah, lihat gambar)

Perhatikan kembali, garis hitam sudah hilang.

5.  lanjutkan dengan membuat bentuk jajaran genjang, anda bisa membuatnya dengan Basic Shape Tool

READ  Cara membuat Tracking dengan coreldraw

Silahkan anda ubah jajaran genjang tersebut, gunakan fasilitas klik kanan dan pilih  convert To Curves.

Gunakan kembali shape tool

Bentuklah pola seperti dibawah

Sekarang kita duplikat/copy bentuk tersebut. lalu ubah posisi objek hasil duplikat.

pertama gunakan  mirror horizontaly

kedua gunakan Mirror Vertically, hasilnya terlihat pada gambar dibawah.

Ketiga, duplikat kedua objek dan simpan dibawah

6. Agar lebih hidup, silahkan tambahkan lagi warna gradien lagi.

Beri warna ke empat objek tadi. seperti pada gambar dibawah

7. Setelah beres, kita akan masuk ke inti pembahasa, karena ini adalah tutorial dasar. saya hanya memberi gambaran mengenai extrude tool, intinya tool ini digunakan untuk membuat objek berbentuk 3D.

kita coba dengan warna hijau. tarik dari tengah objek ke arah luar objek. terlihat pada gambar, sekarang objek terlihat lebih padat. silahakan gunakan exturde ini pada objek lainnya

letakan objek tersebut di atas objek lingkaran, perhatikan bada efek transparan, seharusnya efek transparan berada di posisi atas, tertutup oleh objek baru.

Untuk mengatasinya, pilih efek transparan, dan klik kanan  –  order – To Front Of Page, fungsinya agar si objek berada di posisi paling atas.

Terakhir tambahkan efek bayangan pada objek lingkaran, gunakan Drop Shadow Tool, Tarik dari arah tengan objek lingkaran ke arah luar lingkaran

Selesai. Semoga bermanfaat

Sumber: http://coreldrawku.net

Leave a Reply