Cara Mengedit Foto Dengan Cara Sederhana

“Ada gak sih cara yang sederhana dan gampang buat mengedit foto buat pemula?”

Udah pasti ada dong sobat, untuk pemula yang baru mau belajar mengedit foto, berikut cara dasar mengedit foto dengan photoshop cs :

  • Buka Photoshop, klik “File” lalu “Open” . Setelah itu browse file foto sobat yang tersimpan di komputer. Klik dua kali untuk membukanya di dalam Photoshop.
  • Klik “Image” lalu “Mode” dan pilih “Grayscale”. Klik “OK” pada jendela. Hal ini mengubah foto sobat menjadi hitam putih. Klik “Edit” lalu “Undo Grayscale” untuk mengembalikan foto ke warna aslinya.

  • Klik “Image” lalu “Adjust”. Pilih “Hue/Saturation”. Geser slide bar ke kiri atau kanan untuk mengubah keseluruhan warna, namun masih tampak realistis. Geser bar “Saturation” ke kanan untuk menambah kedalaman warna sehingga foto tampak lebih terang menyerupai kartun. Geser bar “Lightness” ke kiri untuk menggelapkan foto atau ke kanan untuk membuatnya lebih terang. Bila sudah selesai, klik “OK” untuk memproses atau “Cancel” untuk membatalkan.

  • Klik menu “Filter” lalu “Artistic” kemudian pilih “Rough Pastels”. Gunakan slide bar untuk mengubah foto menjadi semacam lukisan cat air. Klik “OK” atau “Cancel”.
  • Klik “Lasso” pada area “Tools” di sisi kiri layar. Gambar garis di sekitar obyek foto maka titik-titik akan muncul. Klik “Paint Bucket” lalu klik menu “Fill” di kiri atas. Pilih “Pattern” lalu “Pattern Box” klik salah satu pilihan sobat, lalu arahkan ke area titik-titik tadi. Klik dan area tersebut akan terisi pattern yang sobat pilih.
  • Klik “Blur” pada tool yang menyerupai tetes hujan. Jika sobat tidak menemukannya, coba cari dengan cara klik-tahan icon yang memiliki telunjuk. Klik-kanan pada telunjuk lalu pilih “Blur Tool”. Gerakkan kursor sobat pada bagian foto, sobat akan melihat bagian tersebut tampak kabur. Kemudian pilih telunjuk yaitu “Smudge Tool”, gerakkan kursor sobat di bagian lain foto maka bagian tersebut akan tampak seperti cat basah.

Gak sulit kan ? nah, sekarang saatnya dicoba okeeh ? semoga bermanfaat yaa 🙂