Menjadi seorang desainer grafis, sangat bergantung dengan font yang dimiliki, karena font itulah “nyawa” dari desain itu sendiri.

Tapi secara tak sadar, seorang desainer grafis bisa mengoleksi ratusan bahkan ribuan font, dan ini akan sangat sulit untuk mengorganisasinya, terlebih lagi mengetahui bentuknya pun akan sangat sulit, paling, hanya font yang sering dipakai saja yang diketahui.

Oleh karena itulah, mungkin desainer membutuhkan sebuah aplikasi yang bisa mengatur font yang dimilikinya, terlebih lagi bisa mengetahui gaya tulisan itu.

Sebenarnya ada dua cara untuk mengetahuinya, yang pertama dengan aplikasi atau tidak, nah saya akan membahas keduanya.

Yang pertama, adalah dengan tanpa aplikasi, atau langsung bawaan windows, untuk windows 10, bisa pergi ke Control Panel > Appereance and Personalization > Fonts. Dengan cara ini, kita bisa mengetahui fonts apa aja yang sudah terinstall di komputer tersebut, dan kita juga bisa melihat gaya apa dari fonts itu.

Menurutku cara ini sudah cukup baik dan cepat, apalagi ini tanpa sebuah aplikasi, tapi menurutku ini belum cukup, karena kadang untuk membuka sampai ribuan fonts butuh waktu yang lumayan banyak kalau harus membuka secara manual hanya demi melihat gaya font secara keseluruhan.

Yang kedua, adalah menggunakan aplikasi, ada sebuah aplikasi klasik tahun 2008 yang masih sangat baik mengerjakan tugasnya, yaitu untuk mengorganisasi fonts yang kita miliki, dan kita bisa meringkas waktu yang banyak, karena ktia tidak perlu lagi membuka secara manual, kita tinggal klik jenis font yang kita mau, dengan bentuk list, jadi kita bisa melihat sangat banyak font.

Cara menginstallnya pun mudah, tinggal download di sini, dengan besar hanya kurang lebih 500kb, kemudian install, setelah diinstall, langsung saja buka, dan mulai mengorganisasi fonts yang kita punya.

 

***

 

Oke mungkin itu saja berbagi pengetahuanku tentang bagaimana mengatur fonts, jujur, ini adalah problem yang cukup serius untuk desainer grafis, tapi dengan mengetahui hal ini, kita bisa menjadi lebih mudah lagi dalam mengetahui fonts mana yang kita punya dan bisa kita pakai untuk desain desain kita mendatang.

Terus belajar dan belajar!