Cara Membuat Wajah Menjadi Kartun Dengan CorelDRAW

Hallo guys, pernah liat gak foto teman kamu di edit jadi kayak kartun ? Terus kamu ngiler pengen fotomu juga di edit kaya kartun? Tapi gak ada yang mau ngeditin? haha udahlah gak usah sedih. Nih aku kasih tips dan trik yang mudah untuk membuat wajah menjadi kartun.

 

Caranya adalah :

  1. Bro dan sist sekarang kalian buat halaman kerja baru, ukuran 250 x 250 mm agar hasilnya besar
  2. Masukkan foto yang akan di modifikasi dengan cara tekan Ctrl+i, untuk tutorial ini saya akan menggunakan foto idola saya Bapak Bando Amin C Kader (maaf pak fotonya saya pakai hehe)

3.Guys posisi foto tepat di tengah-tengah caranye dengan klik foto dan ketik ‘P’

image 1
  1. Bro dan sist sekarang kita mulai membuat objek di area yang paling fital yaitu Mata, Caranya, Pilih Rectangle Tool (F6), lalu drag di sekitar mata
  • Kemudian teman-teman klik kotak/persegi pilih mode Shape Tool (F10) lalu Convert to Curve (Ctrl+Q)

  • image 2
    1. Agar lebih memudahkan pekerjaan teman-teman buat nodes (titik temu) di setiap sudut warna yang lebih gelap tetapi tetap mengikuti kontur mata dan biarkan garis lurus dulu guys.

    2. Guys lengkungkan garis lurus yang tadi dibuat kemudian kalian klik di tengah antara satu nodes dan nodes lainnya, terus pilih Convert to Curve > Drag (tarik) mengikuti lengkungan kontur hingga semua sudut sesuai dengan gambar asli.

    image 3
    1. Jangan lupa hitamkan area (rectangle) yang telah terbentuk, lakukan dengan cara yang sama untuk area mata, Alis, tepi hidung, mulut dan telinga.
    image 4

     

    image 5
    1. Ini adalah hal yang penting untuk pewarnaan guys buat objek dahulu untuk Area gelap dan area terang.
    image 6
    1. Untuk membentuk bagian wajah , lakukan cara seperti yang sebelumnya, kemudian teman teman beri warna pada objek wajah dengan warna kulit pada umunya. Agar objek sebelumnya tidak tertutup klik Transparency Tool >  Uniform > Normal > Teman teman bisa sesuaikan transparansi dengan menggeser tombol Starting Transparency.
    image 7
    1. Langkah selanjutnya membuat rambut , lakukan dengan rectangle dahulu lalu teman teman ikuti bidang rambut dengan rapi dan teratur.
    image 8
    1. Setelah bagian wajah selesai, saatnya kita bentuk bagian baju Bapak Bando Amin dengan menggunakan Rectangle tool. Gausah pusing pusing guys, kalian tinggal ikuti kontur baju kemudian beri warna sesuka hatimu.
    image 9
    1. Jika semua sudah sudah jadi, dari bagian wajah sampai baju. Sekarang teman teman singkirkan foto asli dari lembar kerja. Gambar kartun yang telah jadi jangan lupa di group bro biar gak lari kesana kemari ehehe.
    image 10
    1. Langkah terakhir guys finishing! yuhuuuu caranya dengan gunakan tool CTRL+PGUP dan CTRL+PGDN untuk menempatkan objek di bagian atas atau di bagian bawah objek yang lain. Ingat guys detail dalam desain itu penting, jadi sesuaikan sudut-sudut yang perlu perbaikan di tingkat detail.
    image 11Teman teman bisa bebas berkreasi dengan menambahkan objek lingkaran plus ditambahkan nama beliau atau apa pun terserah sesuka hatimu guys.

    image 11

    Nah hanya tips dan trik itu saja yang dapat saya bagi guys, sampai jumpa lagi dengan tips and trik berikutnya guys. Bye

     

     

     

    sumber : http://www.alamister.com/2014/06/cara-sederhana-membuat-kartun-wajah-dengan-coreldraw.html