Cara Membuat Vektor dengan Adobe Illustrator (Ai)

Assalamualaikum wr.wb

Baik teman-teman kali ini  saya akan berbagi ilmu tentang vector,pasti sudah pada taukan vector itu apa?, ini saya akan berbagi bagaimana tutorialnya,sebelum masuk ketutorial saya akan memberikan informasi tentang jenis-jenis vector,jenisnya mulai dari yang sederhana hingga pewarnaan yang beraneka ragam, diantaranya vektor wajah WPAP,Siluet Art, Line Art, Anime version, Vector Art, Karikatur, Sketch Art.

Baik kali ini kita akan membuat vector  wajah dengan Ai,seperti berikut:

  1. Buka aplikasi adobe illustrator , buat lembar kerja baru file > new > atur sesuai keinginan > ok

  1. Selanjutnya teman-teman tinggal ambil poto yang teman-teman inginkan,kualitas potonya harus bagus ya.Terus kunci layer 1 agar objek yang akan kita buat vektor tidak berubah posisi.

 

  1. Selanjutnya kita tinggal meniru pola yang sudah didapat dari proses live trace dengan menggunakan pen tool, jangan tiru sama persis dengan hasil life trace gunakan juga imajinasi kita agar kita tidak terpaku dengan pola yang ada.Agar pola yang anda tidak tertutup saat tracing,  pewarnaan di non  dan ketebalan garis tracing dibuat sekecil mungkin stroke > 0,25pt dengan tujuan agar hasil lebih maksimal.
  1. Selanjutnya tinggal pewarnaan,dalam pewarnaan ini kita harus tepat dalam memilih warna,contoh warna nya seperti berikut:

  1. Bagian yang menjadi fokus dari vektor wajah diantaranya, bagian mulut, hidung dan mata.Usahakan buat semirip mungkin dengan objek aslinya agar terkesan hidup dan nyata
  2. Kemungkinan seperti ini hasilnya:

8.  Jika ingin ditambah pemanis tinggal ditambahkan backround yang teman-teman sukai:

Mungkin hanya ini yang dapat saya bagikan kepada teman-teman,maaf ya kalau hasil vektornya belum maksimal karena ini adalah vector pertama saya.Intinya dalam membuat vector ini diperlukan kesabaran dalam meniru pola yang ada, dengan sering-seringnya kita berlatih kita dapat melatih kemampuan kita dalam menggunakan pen tool,karena vector tergantung pada arah pen tool dan tekhnik pewarnaa yang diberi  dengan imajinasi kita yang kuat.

Sekali lagi jangan pernah putus asa dalam mencoba terus berlatih karena dengan perbanyak berlatih kita akan menghasilkan hasil yang lebih baik lagi.SEMANGAT!!

Wassalamualaikum wr.wb