Cara Membuat Stempel Sederhana Dengan CorelDraw

Dalam Tips ini, saya hanya akan menjelaskan cara pembuatan stempel dengan cara sederhana dan super gampang, yang akan kita sisipkan nanti pada ID Card 2 (Landscape) pada posting selanjutnya. Hanya untuk have fun aja

Okey..kita langsung saja ya….

1.     Seperti biasa, buka halaman baru pada coreldraw dengan mengklik New

2.     Buatlah sebuah lingkaran pada media dengan mengklik menu Ellipse Tool yang terletak disebelah kiri halaman atau tekan F7 pada keyboard anda, selanjutnya Klik Tahan+geser(Drag) sambil menekan Ctrl pada keyboard anda, agar lingkaran yang dibuat jadi lebih sempurna.

3.     Selanjutnya klik menu Text Tool disebelah kiri halaman, atau F6 pada keyboard anda. Tulislah teks melingkar yang ingin anda sisipkan pada stempel, kemudian sesuaikan ukuran dan jenis dengan mengklik menu text di atas halaman.

Untuk membuat Teks agar mengikuti garis lingkaran, arahkan cursor anda pada garis lingkaran yang telah anda buat, sampai terlihat tanda seperti pada gambar 1 dibawah, kemudian diklik.ca 1

Selanjutnya, tulislah teks yang ingin anda sisipkan pada stempel.

4.     Untuk memutar posisi tulisan, klik tepat pada tulisan, kemudian arahkan cursor ke tengah lingkaran, hingga muncul tanda merah seperti pada gambar 2 dalam lingkaran hijau. Selanjutnya, arahkan cursor pada salah satu sudut, kemudian klik tahan+geser(Drag) dengan arah melingkar mengikuti garis lingkaran yang ada, sampai pada posisi tulisan yang anda inginkan.

5.     Setelah posisi tulisan sudah diatur sedemikian rupa, selanjutnya hilangkan garis lingkaran dengan mengklik menu Outline Widht yang terletak dibagian atas halaman.

6.     Buatlah lingkaran baru seperti pada langkah nomor 2 diatas, kemudian letakkan pada bagian tengah lingkaran tulisan (atur posisinya sedemikian rupa)

7.     Buat 2 lingkaran baru ( Ctrl+C kemudian Ctrl+V), selanjutnya diletakkan diluar lingkaran tulisan. (atur lingkaran sedemikian rupa) hingga hasilnya seperti gambar dibawah.

ca 2

8.     Selanjutnya, buatlah teks baru dengan posisi horizontal biasa, kemudian letakkan pada tengah-tengah lingkaran.

9.     Buatlah garis tengah dengan mengklik menu Polyline Tool yang terdapat disebelah kiri halaman. (Perhaikan gambar dibawah)

ca 3

Selanjutnya klik pada garis lingkaran tengah, kemudian arahkan untuk membuat kolom sedang pada tengah lingkaran. Usahakan agar pada klik-an terakhir tepat mengenai klik awal yang anda lakukan.

10.     Langkah terakhir, pertebal garis yang telah anda buat tadi dengan mengklik menu Outline Widht yang terletak dibagian atas halaman.

Ubah sesuaikan stempel yang telah anda buat, hingga nampak seperti pada contoh yang saya buat diatas.

SELESAI

Sumber dari : lombokdihati.wordpress.com