Cara membuat sebuah gambar menggunakan PhotoShop

 Disini saya akan memaparkan sedikit hasil experimen saya tentang “cara membuat sebuah gambar menggunakan PhotoShop”, langsung saja pada penjelasannya.

Pertama-tama yang kita lakukan adalah membuka program PhotoShop, dan pastikan dikomputer anda sudah memiliki program itu. Disini saya akan menjelaskan bila menggunakan program PhotoShop. Setelah membuka PhotoShop, mulailah menentukan ukuran kertas, pixel gambar, dan lain sebagainya sesuai keinginan dan kebutuhan anda. Disini yang akan saya gambar adalah sebuah DAUN. Perintah-perintah untuk pembuatan umumnya berada di deretan sebelah kiri layar anda, disitu banyak perintah yang bisa anda gunakan sesuai kebutuhkan dan keinginan anda. Disini yang saya tekankan untuk anda yang baru mencoba (sama seperti saya) adalah jangan takut untuk mencoba dan terus berexplorasi agar bisa cepat memahami. Semakin sering anda mencoba-coba perintah yang adalah didalam program, maka semakin cepat pula anda bisa mengerti menggunakannya. Setelah anda membuat gambar yang sudah sesuai anda inginkan, maka mulailah anda bisa mengedit-edit untuk mempercantiknya. Sedikit contoh daun buatan pertama saya di PhotoShop :

 

ScreenHunter_01 Mar. 04 13.57

 

 

Setelah kita membuat pola gambar, yang saya lakukan disini, mulailah mengedit gambar apabila kurang rapi menggunakan beberapa perintah ini : Erase (hapus), brush (pola garis),  dan wind tool. Gambar yang ada diatas adalah gambar yang sudah saya selesai edit, maklum masih gambar pertama. Jadi saya merasa itu sudah cukup lumayan hasilnya. Kemudian yang saya lakukan adalah pemberian warna, karena saya menggambar daun. Walaupun sebenarnya kurang mirip (hehe), tetapi saya tetap memilih warna hijau seperti warna daun pada umumnya.

 

                Pertama-tama yang kita lakukan adalah pemilihan warna, disudut kiri hampir paling bawah perintah yang disediakan adalah berbentuk warna. Nah warna itu mari kita buat sesuai yang kita inginkan, caranya itu mudah tinggal kita pilih saja. Dan yang saya pilih adalah warna hijau.

Contoh :

 

ScreenHunter_02 Mar. 04 14.01

 

Setelah anda menentukan warna, sekarang anda bisa menggunakan perintah “gradien”. Perintah gradien disini adalah agar warna yang anda masukkan didalam objek (pola gambar yang sudah anda buat tadi) bisa lebih dari satu warna saat anda memberi warnanya nanti. Setelah anda sudah menentukan warna dan menggunakan(klik) perintah “gradien” sekarang anda bisa memasukan warnanya dengan cara klik sambil ditekan beberapa saat. Dan inilah contoh gambar yang menggunakan perintah “gradien” :

ScreenHunter_03 Mar. 04 14.03

 

Sekarang yang akan saya jelaskan adalah mengubah background (latar belakang) pada layar gambaran anda. Caranya adalah pertama-tama kira rubah dulu warnanya sesuai yang kita inginkan, saya disini menggunakan warna coktlat.

 
ScreenHunter_04 Mar. 04 14.09
Yang terakhir yang saya lakukan adalah membari sedikit khiasan agar lebih enak di lihat dan dipandang.Dan ini ada beberapa perintah yang bisa digunakan untuk memperindah gambar yang telah kita buat tadi.Yaitu  disini saya merubah pola “brush”.
ScreenHunter_05 Mar. 04 14.17
Dan ini lah hasilnya, Sekarang pemaparan saya sudah selesai.
 selamat mencoba,,,,