Cara Membuat Photo Tembus Ppandang Atau Transparan

0
133

efek transfaran adalah sebuah efek untuk memperlihatkan bagian belakang atau backround sebuah gambar photo. sebenarnya cara untuk membuat photo terlihat transparan sangat simple, artinya tidak perlu membutuhkan banyak tools. di artikel ini sahabat akan saya ajarkan bagaimana cara membuat photo transparan dengan cara mudah.

Ok,,dari pada cuap cuap panjang lebar, mending kita langsung praktek aja,,LETS Go !!!
1. Buka gambar yang sobat inginkan,

jika kita ingin memotong area yang diseleksi maka background akan tetap Putih. Disini kita akan belajar supaya jika area yang di seleksi di potong”maka background akan berubah menjadi transparan.
2. Buat Duplikat dari layer ”Background”. Caranya klik kanan pada layer ”Background” dan pilih Duplikat Layer. Setelah sobat membuat Duplikat baru, maka layer akan menjadi 2. Yang atas adalah hasil Duplikat, dan yang bawah adalah Layer Asli atau Background.Lanjut…
3. Hapus Layer Background. Caranya pilih Layer Background, dan pilih Delete di bagian pojok bawah. Setelah sobat mendelet Layer Background, Kini tersisa Layer Duplikat atau Background Copy.
4. Sampai step ini, sobat udah bisa membuat background foto atau gambar menjadi transparant. Area seleksi kini akan menjadi Trnasparant Jika di Potong.. GK percaya ??? Silahkan di coba :) Silahkan sobat potong area seleksi. Maka background akan berubah menjadi trasparant. Tidak berwarna sama sekali.
5. Tahap terkhir adalah tahap penyimpanan. Untuk menjaga agar background tetap transparant, sobat harus menyimpan file hasil editan sobat dengan format PNG ! Caranya sangat mudah. Pada Option penyimpanan yang muncul saat sobat akan menyimpan file, sobat Pilih PNG pada bagian Format. Kenapa sobat harus menyimpannya dalan format PNG ??? Kalo sobat menyimpan dalam format PNG, dan jika suatu saat sobat membukanya lagi di Photoshop, maka background masih tetap transparant. Berbeda jika sobat menyimpannya dengan format JPG, background akan menjadi putih jika sobat buka lagi di Photoshop.

Mungkin cukup sekian Tutorial Photoshop dari saya, semoga dapat bermanfaat bagi sobat semua !!

Leave a Reply