Membuat Mockup adalah yang sangat penting bagi para desinger, mulai dari graphic designer, sampai web designer membutuhkan mockup, tapi terkadang ada masalah, apakah bisa membuat mockup di corelDraw? Kadang kita butuh sebuah mockup yang berdasarkan Vector, dan ini bisa saja jadi masalah.

Tapi tenang, ternyata di CorelDRAW juga bisa membuat mockups, dan kerennya, mockup di CorelDRAW bersifat simpel, artinya berbeda dengan membuat di photoshop yang menuntut banyak realistic effect, membuatnya di Corel hanya semata – mata membuat kita tahu, oh ini toh kalau sudah ditaruh di media aslinya.

Oke tidak usah banyak bicara, langsung saja kita buat Mockup di Corel.

Pertama – tama, tentu saja kita butuh file yang akan kita pakai, dalam hal ini, aku akan membuat sebuah mockup untuk keperluan web-design, dan untuk yang tidak ada file tenang saja, karena di google ada banyak contoh, atau kalau malas, aku juga sudah menyiapkan filenya, tinggal di download di sini untuk medianya, dan di sini untuk wireframe websitenya.

Yang Kedua, langsung saja masukkan fotonya.

Ketiga, klik Bitmap > 3D Effects > Perspective di wireframenya, tapi jika jujur, menggunakannya butuh keahlian dan aku pribadi masih belum pandai menggunakannya.

Keempat, baik kita pakai cara cepat saja, buat kotak di layar, dengan Pen Tool

Kelima, Masukkan gambar dengan Powerclip ke dalam kotak

Selesai.

Maaf jika Mockup ini masih gagal, tapi kegagalan ini disebabkan fungsi Effect > Perspective yang bekerja normal apabila gambar yang digunakan adalah buatan sendiri atau vector based, dan memiliki peran vital bisa digunakan, tapi sayangnya gagal karena gambar yang digunakan adalah Bitmap based dan akhirnya digunakanlah Bitmap > 3D Effect > Perspective yang sulit untuk digunakan.

Mungkin ini maksudnya Kalau Bitmap-Based, lebih baik menggunakan Photoshop, kalau Vector-Based, lebih baik menggunakan CorelDRAW

Oke sekian, sampai jumpa lagi di artikel ku yang lain! Dan terus belajar dan belajar untuk bisa mendapat hasil yang maksimal!