cara membuat kartun wajah

Cara Bikin Kartun Wajah Sederhana adalah sebaga berikut :

  1. Buat halaman kerja baru, ukuran (kalau saya 250 x 250 mm) agar hasilnya besar
  2. Setelah lembar kerja sudah siap, masukkan foto yang akan di modifikasi Ctrl+i, untuk tutorial ini saya akan menggunakan foto idola saya Bapak Bando Amin C Kader (maaf pak fotonya saya pakai hehe)

  3. Saat foto sudah di lembar kerja klik foto dan ketik ‘P’ agar posisi foto tepat di tengah

image 1
  1. Mulailah membuat objek di area paling fital yaitu Mata, Caranya, Pilih Rectangle Tool (F6), lalu drag di sekitar mata

  2. Kemudian klik kotak/persegi pilih mode Shape Tool (F10) lalu Convert to Curve (Ctrl+Q)

image 2
  1. Buat nodes (titik temu) di setiap sudut warna yang lebih gelap mengikiti kontur mata seperti di gambar, biarkan dalam bentuk line (lurus) terlebih dahulu

  2. Setelah selesai, lengkungkan line lurus tersebut dengan cara klik di tengah antara satu nodes dan nodes lainnya, kemudian pilih Convert to Curve > Kemudian Drag (tarik) mengikuti lengkungan kontur hingga semua sudut sesuai/serasi dengan gambar asli.

image 3
  1. Bila proses 7 telah selesai, hitamkan area (rectangle) yang dimodifikasi, lakukan hal tersebut untuk area mata, Alis, tepi hidung, mulut dan telinga, bila selesai hasilnya seperti gambar di bawah ini.
image 4

 

image 5
  1. Area gelap karena beda pencahayaan jangan lupa di buat objeknya. Begitu pula untuk area yang lebih terang (lihat gambar).
image 6
  1. Untuk bagian wajah (keseluruhan wajah), lakukan langkah seperti sebelumnya, setelah selesai (petunjuk 1) beri warna pada objek wajah (petunjuk 2) untuk merapikan transparansikan objek dengan mengambil Transparency Tool >  Uniform > Normal > Tingkat transparansi bisa di sesuaikan dengan menggeser tombol Starting Transparency.
image 7
  1. Untuk Rambut, juga ambil rectangle dahulu kemudian ikuti bidang gelap rambut, hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.
image 8
  1. Bagian wajah telah selesai, sekarang tinggal membuat bagian baju, tekhniknya masih sama..hehe.. ambil Rectangle ikuti kontur dan jadinya seperti ini. Beri warna berbeda agar memisahkan antara satu objek dengan objek lainnya.
image 9
  1. Seluruh bagian penting sudah di jadi, sekarang saatnya ‘menyingkirkan foto asli’ dari lembar kerja yang ada. Nah..sudah terlihat rupa dan bentuknya kan ?
image 10
  1. Sekarang tinggal finishing gunakan tool CTRL+PGUP dan CTRL+PGDN untuk menempatkan objek di bagian atas atau bawah objek yang lain.Kemudian sesuaikan sudut-sudut yang perlu perbaikan di tingkat detail. Silakan berkreasi.
image 11
Sekian dulu tutorial cara sederhana membuat kartun wajah dengan corelDRAW, gambar yang kita hasilkan adalah berformat vector, jadi bisa disesuaikan ukurannya dan tidak pecah piksel, baca Perbedaan Antara Vector dengan Bitmap , hasil gambar tersebut tinggal sobat kreasikan dengan kreatifitas sobat sendiri. Kalo hasil jadi yang saya bikin bisa dilihat di bawah. Oke, see you in next thread. Salam.
 sumber:http://www.alamister.com