Cara Membuat ID Card Dengan Corel Draw

 

Kartu nama merupakan hal yang sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat terutama mereka yang mempunyai jabatan disuatu  perusahaan atau instansi, pengusaha, dll. Kartu nama biasanya digunakan untuk media promosi produk , ataupun memberikan informasi singkat mengenai data diri ataupun perusahaan. Jenis kartu nama ada yang potrait & landscape, ada yang satu sisi ataupun dua sisi bolak – balik.

Kebanyakan kartu nama yang beredar di masyarakat memiliki ukuran 90 x 55mm, dan dicetak bolak – balik.  Banyak jenis atau kriteria desain kartu nama , Elegant, ceria, simpel.

Langsung saja kita buat desain sebuah kartu nama dengan tema simpel tapi elegant

Buka dan buat lembar kerja baru di Corel Draw

 

Isi coloum dengan ukuran ID Card ubah size (Custom) ubah ukuran baik panjang ataupun lebar dengan ukuran 90 x 55mm / 9cm x5,5cm klik ok .

Buat  background  terlebih dahulu agar proses berikutnya lebih mudah , setelah background selesai dibuat blok dan kunci dengan cara klik kanan > lock object.  Kenapa harus di lock object ? agar desain yang telah kita buat tidak berubah posisinya .

Masukan logo ataupun informasi yang akan anda tampilkan pada desain kartu nama

Jenis font dan ukuran font disesuaikan dengan kebutuhan, usahakan gunakan font san serif agar memudahkan pembaca.

Tambahkan icon : contact, email, website, alamat , dll untuk memperindah desain kartu nama. Untuk mempermudah pemberian warna background antar masing – masing ico biar jadi sama bisa anda buat kotak, bulat, atau bidang  lainya. Klik kanan pada icon atau gambar > power clip Inside..  klik pada bidang yang telah anda buat , lakukan pengeditan apabila letak gambatr / icon belum sesuai caranya klick kanan lalu edit > finish bila sudah sesuai. Icon bisa anda download berupa gambar dengan format PNG ataupun anda membuat sendiri.

Membuat kartu nama hanya membutuhkan beberapa tool dan permainan warna serta tata letak agar hasil yang didapat lebih maksimal.  Font yang digunakan usahakan jangan terlalu banyak biar terkesan simpel & elegant sesuai kebutuhan. Seperti ini jadinya setelah semua cara diatas di lakukan.

Kartu nama tidak hanya berbentuk lanscape, ada juga yang potrait. Selamat mencoba dan carilah referensi tentang desain kartu nama yang sedang populer. Agar desain yang anda buat bisa sesuai dengan keinginan. Selamat berkreasi ,..